ANALISIS PENGGUNAAN KAI ACCESS DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI MANAJEMEN LAYANAN PELANGGAN: STUDI KASUS PADA PT KAI (Persero)

Authors

  • Bayu Bambang Perdana Universitas Adhirasaja Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.673

Keywords:

KAI Access, Manajemen Layanan Pelanggan, Pelayanan, PT Kereta Api Indonesia (Persero)

Abstract

Penelitian ini menganalisis penggunaan KAI Access untuk meningkatkan kinerja pelayanan pelanggan pada PT Kereta Api di Indonesia (Persero) atau PT KAI. KAI Access merupakan aplikasi mobile yang dikembangkan oleh PT KAI yang memudahkan akses pelanggan pada layanan informasi kereta api. Pada studi kasus penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara dan observasi langsung terhadap pengguna dan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan KAI Access memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efektivitas pelayanan. Aplikasi ini memudahkan pelanggan dalam memesan tiket, cetak e-boarding pass dan akses informasi kereta api lainnya. Tantangan yang diidentifikasi pada aplikasi KAI Access termasuk terbatasnya koneksi internet, kesulitan teknis, dan adopsi rendah. PT KAI perlu terus memperbaiki fitur dan sosialisasi serta mengatasi tantangan untuk meningkatkan efektivitas KAI Access.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J., & Creswell, J. (2018). Research Design Qualitative,Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.

Depari, M. A. ( 2016, Juli 08). Mengenal Apa Otu E-Ticketing. Retrieved from cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/inspirasi/20160703223257-322-142779/mengenal-apa-itu-e-ticketing

Finaka, A. (2019, Juni). Mudahakan Perjalanan Bersama KAI Access. Retrieved from indonesiabaik.id: https://indonesiabaik.id/infografis/mudahkan-perjalanan-bersama-kai-access#:~:text=KAI%20ACCESS%20adalah%20satu%2Dsatunya,customer%20PT%20Kereta%20Api%20Indonesia.

Gaffar, V. (2007). CRM Dan MPR Hotel ( Costumer Relationship Management And Marketing Public Relations ). Bandung: Alfabeta.

Hanna, K. T. (2022, Desember). Definisi e-tiket (tiket elektronik). Retrieved from techtarget.com: https://www.techtarget.com/whatis/definition/e-ticket-electronic-ticket

Public Relation KAI, T. (2021, Mei 29). Beragam Fitur KAI Access, Permudah Pelanggan Menggunakan KA. Retrieved from kai.id/: https://www.kai.id/information/full_news/4783-beragam-fitur-kai-access-permudah-pelanggan-menggunakan-ka

Saleh , M. (2014, Mei 26). Customer Relationship Management (CRM). Retrieved from muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/: http://muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/2014/05/customer-relationship-management-crm/

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Perdana, B. B. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN KAI ACCESS DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI MANAJEMEN LAYANAN PELANGGAN: STUDI KASUS PADA PT KAI (Persero). JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1777–1788. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.673