PENGARUH MOTIVASI KERJA, IKLIM KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.64Keywords:
Motivasi, Iklim Kerja, Kompetensi, Kinerja GuruAbstract
Pendidikan merupakan proses komunikasi yang mengandung transformasi pengetahuan, nilai dan ketrampilan baik di dalam atau di luar sekolah yang berlangsung sepanjang hayat dari generasi ke generasi. Pendidikan juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan manusia. Guru merupakan elemen yang memiliki pengaruh besar terhadap proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, iklim kerja, dan kompetensi terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Gumelar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan metode simple random sampling, jumlah sampel adalah 123 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS v 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi, iklim kerja, dan kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Gumelar.
Downloads
References
Ardiana, titin E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. 17(02), 14–23.
Aslamiyah, S., Saffaanatuzaqiya, S., & Rizqi, M. A. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru MTs . Ihyaul Ulum Ujung Pangkah Gresik Melalui Pelatihan , Motivasi dan Kepuasan Kerja. 239–246.
B. uno, H. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Gatot. (2014). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja, Pendidikan dan Pelatihan, Pola Karir terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Gunung Kidul. Yogyakarta.
Hasanah, M. L., & Kristiawan, M. (2019). Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 97. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159
Mangkunegara, A. prabu. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya Aditama.
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL. (2007). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 16 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU. In Ятыатат: Vol. вы12у (Issue 235).
Messa Media, G. (2012). pengaruh Kedisiplinan, Motivasi Kerja, dan Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMKN 1 Purworejo Pasca Sertifikasi.
Muhlisin. (2011). Kompetensi Profesional Seorang Guru. Alfabeta.
Mulyasa, H. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. PT. Bumi Aksara.
Pertiwi, D. A. N. (2019). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Sungguminasa.
Rahsel, Y. (2014). Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Pusat Universitas Padjadjaran Bandung. Pontificia Universidad Catolica Del Peru, 8(33), 44.
Robbins, P. S. (2006). Perilaku Organisasi (D. B. Molan (ed.); 10th ed.). Erlangga.
Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102.
Soedarmayanti. (2018). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja (2nd ed.). CV Mandar Maju.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Penerbit Andi Offset.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Rajawali Pers.
Suryati, Harapan, E., & Houtman. (2020). Effect of Work Motivation and Work Climate on Teacher ’ Performance. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 20(2), 137–144.
Tilaar, H. A. . (2009). Kekuasaan dan pendidikan : Manajemen pendidikan nasional dalam pusaran kekuasaan. Rineka Cipta.
Wahyuni, S. (2014). Profesi Guru Adalah Panggilan Ilahi. Antusias, Jurnal Teologi Dan Pelayanan, III(5), 147–160.
Wirawan. (2007). Budaya dan Iklim Organisasi: Teori Aplikasi dan Penelitian. Salemba Empat.
Zainal, V. R. (2015). Manajemen SUmber Daya Manusia Untuk PErtusahaan (7th ed.). PT. Raja Gravindo.
Zulaikha, S. (2013). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru di SMA N 1 Turi. http://repositorio.uchile.cl/bitstream/handle/2250/130118/Memoria.pdf