ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PT VIRGI MOTOR KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.624Keywords:
Dealer Honda, Kepuasan Pelanggan, PT Virgi Motor Karawang, Strategi Komunikasi PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT Virgi Motor Karawang, dealer resmi Honda, dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan. Pemasaran merupakan proses yang luas dan kompleks, termasuk riset pasar, analisis, dan pencarian pelanggan yang ideal. Dalam era perkembangan teknologi, pemasaran telah memperluas cakupannya menjadi online dan offline. Kerja Praktek dilakukan di PT Virgi Motor Karawang, yang merupakan pusat dari seluruh cabang dealer Honda. Perusahaan ini menyediakan penjualan kendaraan otomotif Honda secara kredit maupun tunai. PT Virgi Motor Karawang juga memiliki layanan servis motor Honda. Dalam proses penjualan, terdapat prosedur dan tata cara yang harus diikuti oleh konsumen. Penelitian ini fokus pada analisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT Virgi Motor Karawang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi langsung di PT Virgi Motor Karawang dan wawancara dengan pihak terkait, seperti kepala dealer, karyawan, dan pelanggan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang strategi komunikasi pemasaran yang efektif dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Downloads
References
Doembana, Ismawati, Abdul Rahmat, dan Muhammad Farhan. 2017. BUKU AJAR MANAJEMEN DAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. Yogyakarta: Zahir Publishing.
Erma, Muslichah. 2020. Buku Ajar Pengantar Manajemen. Surabaya: CV. Pena Persada. Grace, Marissa, Ahmad Syarief, Heri Erlangga, Nurjaya, dan Denok Sunarsi. 2022. Strategi Pemasaran. Tangerang: Pascal Books.
Hermanto. 2019. Faktor Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.
Indra, Helmi, dan Riri Mayliza. 2022. “PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DAN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA CV. LARIS MOTOR CABANG AIR HAJI .”
Indrasari, Meithiana. 2019. PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Surabaya: Unitomo Press.
Krisnandi, Henry, Suryono Efendi, dan Edi Sugiono. 2019. Pengantar Manajemen. Jakarta: LPU-UNAS.
Napitupulu, Sabar, Nirwana Tapiomas, dan Riduan Tobink. 2021. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis dengan Teori Para Ahli. 2 ed. Jakarta: Atalya Rileni Sudeco.
Ngatno. 2018. Manajemen Pemasaran. 1 ed. Semarang: EF Press Digimedia.
Panuju, Redi. 2019. KOMUNIKASI PEMASARAN Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rohman. 2017. Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Inteligensia Media. Yulianti, Farida. 2019. Manajemen Pemasaran. Banjarmasin: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.