PENGARUH MATA KULIAH ENTEREPRENEURSHIP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNVERSITAS BHINNEKA PGRI ANGKATAN TAHUN 2018-2019

Authors

  • Sefi Prastika Sari Universitas Bhinneka PGRI
  • Moh. Gufron Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.58

Keywords:

Mata Kuliah Entrepreneurship, Minat Berwirausaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mata kuliah entrepreneurship terhadap minat berwirausaha mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Angkatan Tahun 2018-2019 .

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dan analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian Uji t menunjukkan bahwa besar t hitung (9,445) > t tabel (1,99085) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat diartikan jika semakin tinggi pengaruh mata kuliah entrepreneurship maka semakin tinggi tingkat minat berwirausaha mahasiswa. Sebaliknya, semakin rendah pengaruh mata kuliah entrepreneurship maka semakin rendah tingkat minat berwirausaha mahasiswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa mata kuliah entrepreneurship berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa semester 6 dan 8 Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharsyah, A. (2019). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha. State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Retrieved from http://repository.uinjambi.ac.id/2267/

Brata, Rizky Mohd & Nurnida, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pada Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. E-Proceeding of Management, 8(4), 3685–3696.

Ghurfiana, E. L. (2018). Pengaruh Mata Kuliah Pendidikan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Ips Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Central Library of UINMA, 7(5), 1–2.

I Wayan, W. &, & Warmana & Sapta Rini, W. & G. O. (2018). Pengaruh pemberian mata kuliah kewirausahaan dan pelatihan wirausaha terhadap minat wirausaha ekonomi kreatif pada mahasiswa unmas denpasar, 1(1), 171–177.

KemdikbudRI. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/wiraswasta

Simanjuntak, J. (2020). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha Mahasiswa FKIP Ekonomi Stambuk 2017 Grup A Universitas HKBN Nonmensen Medan 2020/2021. Repository Univ. HKBN Nonmensen. Universitas HKBN Nonmensen Medan. Retrieved from http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/4610

Srianto, A. (2020). Motivasi Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stkip Ypm Bangko Tahun Pelajaran 2020, 5, 81–85.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widodo, S., Kusjono, G., & Sutoro, M. (2021). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha Studi Kasus Mahasiswa Semester 3 Universitas Pamulang. Jurnal Imiah Feasible : Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 3(2), 117–125.

Zamzami, M. H., & Setiawati, C. I. (2020). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Angkatan 2016. EProceedings Of Management, 7(2), 6696–6701.

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Sari, S. P., & Gufron, M. (2022). PENGARUH MATA KULIAH ENTEREPRENEURSHIP TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNVERSITAS BHINNEKA PGRI ANGKATAN TAHUN 2018-2019. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 264–271. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.58