PERAN INTERNSHIP BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN BARAT (Studi Kasus Kegiatan Magang di Ombudsman)
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i5.537Keywords:
Hard Skill, Internship, Kompetensi, Soft SkillAbstract
Program Internship merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat yang telah melaksanakan magang di Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Barat selama kurang lebih 1 bulan. Dengan program internship mahasiswa UNU KALBAR dapat mengetahui skill apa saja yang selama ini mereka punya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran internship dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa Fakultas Ekonomi UNU KALBAR. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. kegiatan internship yang dilakukan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNU KALBAR dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Peningkatan kompetensi dapat dibentuk dari beberapa aspek yaitu pada soft skill dan hard skill yang dimiliki oleh mahasiswa. Selain itu peran komunikasi, peningkatan kinerja, tanggung jawab, kedisiplinan, serta sikap inisiatif juga mempengaruhi perusahaan terhadap mahasiswa.
Downloads
References
Afifudin dan Saebani. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Pustaka
Dinar Dinasty Lutfia dan Dedi Rianto Rahadi. 2020. Analisis Intership Bagi Peningkatan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Manajemen. 199-201.
Fauzia, R. (2015). Pengaruh Magang Terhadap Perkembangan Kepribadian Mahasiswa. Electronic Theses Dissertations, 48.
Hamidah, S., & Palupi, S. (2012). Peningkatan Soft skills Tanggung Jawab Dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri. Jurnal Pendidikan Karakter, 144.
Kiky Dwi Hapsari Saraswati, “Perilaku Kerja, Perceived Stress, dan Social Support pada Mahasiswa Internship”. Vol. 1, No. 1, April 2017: hlm 216-222.
KKBI. (2017, Desember Rabu). Magang. Retrieved from KKBI Online: https://kbbi.web.id/magang
Nugraheni, Dian. “Pelaksanaan Program Internship Dalam Upaya Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Informasi – Universitas Kristen Satya Wacana)”. Vol. 7, No. 2, Desember 2017, hlm 47-56.
Pandu, Febrina. 2021. Analisis Kinerja Keuangan Pada Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Hidayah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sanggau. Kubu Raya: Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat.
Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.
Purwaningsih, I. J., Witurachmi, S., & Zoraifi, R. (2017). Soft skills pada Pelaksanaan Magang Dunia Usaha/Dunia Industri. Jurnal “Tata Arta” UNS, 11-20.
Ratnasari, Linda dan Suharti, Lieli. 2017. Sistim Pengelolaan Program Magang Bagi Mahasiswa Di Perusahaan (Studi Terhadap Tiga Perusahaan Di Jawa Tengah). Surabaya: Universitas Ciputra.
Redita, Ketut. “Pengaruh Work from Home Internship di Kantor Akuntan Publik bagi Soft skill Mahasiswa”. Vol. 21 No. 3 (September 2021), hlm 317 – 328.
Rugaiyah.2011. Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Magang. Jurnal Manajemen Pendidikan. 212-217.
Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitataif, tindakan. Bandung: Reflika Aditama.
Suryani, Fitri. 2021. Analisis Kinerja Keuangan Pada CV Jasa Baja Kabupaten Sanggau (Studi Tahun 2017-2019). Kubu Raya: Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.