PENGARUH PENGALAMAN KERJA, JAM KERJA DAN JUMLAH ORDERAN TERHADAP KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) PENGEMUDI GOJEK DI KOTA PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i4.461Keywords:
Jam Kerja, Jumlah Orderan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Pengalaman KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman kerja, jam kerja dan jumlah orderan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pengemudi Gojek di Kota Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel sebanyak 115 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Multivariat Statistik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS 25 dengan hasil Y = 23.745 + 0,451 + 0,083 + 0,079. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengalaman Kerja (X1) secara parsial berpengaruh positif terhadap Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) (Y), Jam Kerja (X2) secara parsial tidak mempunyai pengaruh positif terhadap Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) (Y), Jumlah Orderan (X3) secara parsial tidak mempunyai pengaruh positif terhadap Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) (Y).
Downloads
References
Adamy, M. (2016). Buku Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Praktik dan Penelitian.
Arifin, A. (2020). Pengaruh jam kerja dan kebijakan tarif ojek online terhadap tingkat pendapatan driver Grab bike di kecamatan Medan Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Everlin, S., & Erlyana, Y. (2020). Analisis Perubahan Desain Logo Gojek Tahun 2019. DESKOMVIS: Jurnal Ilmiah Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa Dan Media, 1(1), 72-88.
Hartadi, A. S., & Rusdiansyah, R. (2019). Pengaruh Tarif, Jam Kerja dan Jumlah Orderan Terhadap Pendapatan Driver Go-Jek di Kota Banjarmasin. JIEP: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 2(1), 231-243.
Hasibuan, H. Melayu S.P., (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Hungu. (2016). Demografi Kesehatan Indonesia. Grasindo. Ilfa, 2010. Definisi Umur, available from : http://bidanilfa.blogspot.co.id/2010/01 /definisi-umur.html,
Joseph Jr, F. (2014). Hair Jr. William C. Black Barry J. Babin Rolph E. Anderson, (2014),«Multivariate Data Analysis».
Mathis, R.L dan J.H Jackson., (2011). Human Resource Management. Thirteen Edition, South Western Cengege Learning, 5191 Natorp Boulevard, Mason, OH 45040, USA.
Muthalib, A.A. 2016. Keterkaitan Jalur Transportasi dan Interaksi Ekonomi Kabupaten Konawa Utara Dengan Kabupaten atau Kota Sekitarnya. Jurnal Progress Ekonomi Pembangunan, Vol. 1, (No.1) 2016.
Nurul Almariah, E., Pangiuk, A., & Baining, M. E. (2019). Pengaruh Layanan Go-Food, Harga Dan Jumlah Order Terhadap Omzet Bisnis Kuliner Di Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin).
Nazir, M. 2010. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Pratama, R. Y. A., & Koesyanto, H. (2020). Kejadian Kecelakaan pada Pengemudi Ojek Online. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4 (Special 1), 13-24.
Prihanti, G. S., & Ked, M. (2016). Pengantar Biostatistik. UMMPress.
Putri, H. S., & Diamantina, A. (2019). Perlindungan Hukum Terhadap Keselamatan Dan Keamanan Pengemudi Ojek Online Untuk Kepentingan Masyarakat. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 1(3), 394.
Perangin, T. P. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Pendapatan Mitra Gojek Medan Periode 2017-2018. Universitas HKBP Nonmensen.
Phahlevi, R. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani padi sawah di Kota Padang Panjang. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 1(02).
Prof. Dr. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis . Bandung: ALFABETA, cv.
Saputri, D. K., & Nasikah, D. (2021). Analisis Determinan Pendapatan Mitra Gojek Di Kota Metro. Jurnal Manajemen Diversifikasi, 1(3), 612-621.
Siagian, Sondang P., (2006). Teori dan Praktek Kepemimpinan. Rineka Aksara, Jakarta.
Suprapti, E. (2018). Pengaruh Modal, Umur, Jam Kerja dan Pendidikan Terhadap
Pendapatan Pedagang Perempuan Pasar Barongan Bantul. Jurnal
Pendidikan dan Ekonomi, 7(2), 175-183. Tiga pilar gojek diakses dari, https://newsroom.gojek.com/id-id/.
Wanda, M. E., & Prasetyanta, A. (2021). Analisis Pengaruh Pengalaman Kerja, Jam Kerja, dan Jumlah Orderan terhadap Pendapatan Driver Ojek Online Di Kota Yogyakarta. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi (Equilibrium), 15(I).
Winardi. 2001. Memotivasi Pemotivasi Dalam Manajemen. (Jakarta: PT Raja Grasindo Persada).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.