PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HANDPHONE OPPO DI RISEL CELL KEC. SANGIR KAB. SOLOK SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.350Keywords:
Brand Image, Brand Trust, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh brand image dan brand trust terhadap loyalitas pelanggan ponsel Oppo di Research Cell District. Sangir Kab. Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif; populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan ponsel Oppo di distrik sel penelitian. Sangir Kab. Solok Selatan sebanyak 234 pelanggan, pemilihan sampel melalui metode simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak 70 pelanggan yang diperoleh dari rumus slovon. Analisis teknis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t-count sebesar (3,295> 0,235) dan variabel brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai t-count (2,952> 0,235).
Downloads
References
Abidin, Z. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Trust Terhadap Loyalitas. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(2), 228-243.
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660-669.
Amirudin, M. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Sakinah Supermarket Keputih Surabaya. Manajemen Pemasaran, 1-16.
Ardila, Y. (2020). Hubungan Kualitas Layanan Service Sepeda Motor Dengan Loyalitas Pelanggan Di Bengkel Resmi Honda Ahass. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area, 1(2), 1-112.
Azizah, B. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Bank Syariah Di Kota Malang. Skripsi, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 1-151.
Fauziyah, S. (2016). Pengaruh Brand Trust dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah (Survey Konsumen Pada PT. Paragon Technology and Innovation Cabang Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(2), 1-9.
Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Huda, O. (2020). Pengaruh Word of Mouth Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone Oppo Dimediasi Kepercayaan Merek ( The Influence of Word of Mouth and Brand Image on Oppo Smartphone Customer Loyalty is Mediated Brand Trust ). Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(02), 141-150.
Laksono, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, I(1), 9-12.
Noor, M. (2018). Pengaruh Iklan, Citra Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Produk "Rexona" Di Banjarmasin. Ilmu Manajemen Indonesia, 1(2), 167-177.
Nugroho, M. (2020). Pengaruh Brand Association, Brand Awareness, Brand Image, Brand Trust dan Consumer Satisfaction Terhadap Brand Loyalty Produk Smartphone Merek Xiaomi Di Magelang. Business and Economics Conference Series, 1(1), 566-584.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Urnal Bisnis Manajemen Akuntansi, IV (2), 60-69.
Nurhidayah, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Menggunakan E-Wallet Gopay. Busiiness Management, Economic and Accounting, 2(1), 942-955.
Putra, A. (2018). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi pada Konsumen Smartphone Lenovo di DIY). Manajemen Bisnis Indonesia Edisi 3, 05(2), 252-260.
Rahayu, N. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Smartphone OPPO (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Matraman). Manajemen, 1(2), 1-22.
Rimiyati, H. (2014). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Merek Samsung Galaxy Series (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 223-234.
Setiawan, P. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Loyalitas Merek Terhadap Ekuitas Merek (Studi Kasus Pada Penggunaan Smartphone Xiaomi Di Batam). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(1), 49-58.
Shihab, M. (2009). Pengaruh Brand Trust Dan Brand Equity Terhadap Loyalitas Konsumen Studi Kasus Produk Tes Widal Merek Remel. Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan, VI (2), 83-96.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALVABETA, cv.
Tumbel, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank BTPN Mitra Usaha. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum, 3(1), 64-79.
Utomo, I. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness, Dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty Pelanggan Online Shopping (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Komunikasi, VIII (1), 78.
Yunaida, E. (2017). Pengaruh Brand Image ( Citra Merek ) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 798-807.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.