HUBUNGAN EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI DAN CITRA MEREK KOPI “WHITE COFFEE” PADA MINAT BELI MASYARAKAT DESA KALISORO KECAMATAN TAWANGMANGU KARANGANYAR

Authors

  • Abdullah Zailani Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.30

Keywords:

Iklan, Citra Merek, Minat Beli, Analisis Jalur

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis hubungan efektivitas iklan kopi merek “White Coffee” di TV pada minat beli masyarakat Desa Kalisoro di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.(2) Untuk menganalisis hubungan citra merek pada minat beli masyarakat Desa Kalisoro di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar terhadap iklan kopi merek “White Coffee” di TV. (3) Untuk menganalisis efek memediasi citra merek terhadap efektivitas iklan kopi merek “White Coffee” di TV pada minat beli masyarakat Desa Kalisoro di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.

Penelitian ini dilakukan di Desa Kalisoro di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sering mengkonsumsi kopi merek “White Coffee”. Sampel diambil sebanyak 50 orang dengan metode purposive sampling

Hasil penelitian ditemukan bahwa efektivitas iklan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek dan minat beli kopi merek “White Coffee” pada masyarakat Desa Kalisoro di Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli kopi merek “White Coffee” pada masyarakat Desa Kalisoro. Ada efek mediasi sempurna (full mediation) dari citra merek terhadap hubugan efektivitas iklan dengan minat beli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Kelima. In Alfabeta, Bandung.

Basu, Swastha Handoko, H. (2011). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. BPFE-UGM.

Biels & Consugno. (2012). Citra merek. Pustaka Setia.

Dharmmesta, B. S. (2006). Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual sebagai Panduan bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 14(3), 73–88.

Donthu, N., & Wei, Y. (2009). Website Customer Orientations , Website Quality , and Purchase Intention : The Role Website Peraonlity. In Joural of Business Research (Vol. 62, pp. 441–450).

Durianto, D. (2011). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Equitas dan Perilaku Merek (xx). PT. Gramedia Pustaka Utama.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer Behaviour (8a Ed.). 1, 1–400.

Ferrinadewi Erna. (2014). Merek & Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran (2nd ed., Vol. 1, Issue 1). Graha Ilmu.

Fidelis, I. (2006). Studi Mengenai Faktor Kekhawatiran Dalam Proses Penyampaian Pesan Iklan (Stusi Kasus Iklan L-Man & Fren). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, v(3), 243–268.

Hafni, R. D. (2020). Pandangan Citra Brand Kopi Janji Jiwa Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 12. https://doi.org/ 10.30659/ jikm.v8i1.7977

Johar, D. S., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2015). Efektifitas Iklan Online ( Survei pada Pembeli di Toko Online Adorable Project ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 26(1), 1–10. http://administrasibisnis.udentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1031/1214

Kotler, P. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga.

Kotler Philip & Keller Kevin Lane. (2011). Marketing Management. In B. Sarwiji (Ed.), Marketing Management (13th ed.). PT Indeks.

Lindawati. (2005). Analisis Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, dan Asosiasi Merek dalam Ekstensi Merek pada Produk Merek “Lifebuoy” di Surabaya. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, IV(1), 47–70.

Ossya Errikayasa Ervando dan MonikaTiarawati. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Perluasan Merek terhadap Keputusan Pembelian Kopiko White Coffee. Jurnal Ilmu Manajemen |, 2, 1235–1247.

Rangkuti Freddy. (2017). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saputra, R. (2018). Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen Prosuk Merek Honda (Survei Konsumen Pada Dealer CV Cempaka Motor di Kabupaten Sijunjung). Jom Fisip, 5(1), 1–19.

Simamora, H. (2012). Henry Simamora. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, YKPN.

Sukarno Edy. (2015). Sistem Pengendalian Manajemen (C. ke 3 (ed.)). Gramedia Pustaka Utama.

Sumawihardja, S. (2015). Intisari Manajemen Pemasaran. CV. Ranmadia Karya.

Sutisna, O. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rusdakarya.

Tjiptono, F. (2014). Service, quality & satisfaction. (3rd ed.). Andi Offset.

Wijaya, B. S. (2011). The Development of Hierarchy of Effects Model in Advertising. International Research Journal of Business Studies, 5(1), 73–85. http://www.irjbs.com/index.php/jurnalirjbs/article/view/98

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Zailani, A. (2022). HUBUNGAN EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI DAN CITRA MEREK KOPI “WHITE COFFEE” PADA MINAT BELI MASYARAKAT DESA KALISORO KECAMATAN TAWANGMANGU KARANGANYAR. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 248–263. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.30