PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH KENDARAAN BERMOTOR PADA PT. ASURANSI BUMI PUTRA MUDA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.285Keywords:
Citra Perusahaan, Tempat, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara pengaruh citra perusahaan dan tempat terhadap kepuasan pelanggan kendaraan bermotor terhadap asuransi kendaraan bermotor di PT Bumi Putra Muda Insurance Padang. Dalam penelitian ini, jumlah sampel sebanyak 82 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan untuk menguji hipotesis menggunakan uji t statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan asuransi kendaraan bermotor PT Bumi Putra Muda Insurance Padang. Hal ini dikarenakan citra perusahaan memiliki nilai signifikan sebesar 0,010, nilai signifikannya lebih kecil dari alpha sebesar 0,05. 2) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah asuransi kendaraan bermotor PT Bumi Putra Muda Insurance Padang. Hal ini dikarenakan lokasi memiliki nilai signifikan 0,000, nilai signifikan lebih kecil dari alfa 0,05.
Downloads
References
Abd-el-salam, E. M., Shawky, A. Y., & El-nahas, T. (2013). The impact of corporate image and reputation on service quality , customer satisfaction and customer loyalty : testing the mediating role . Case analysis in an international service company. Journal of Business and Retail Management Research (JBRMR), 8(1), 130–153.
Astuti, I. D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Taspen Persero Cabang Surakarta. Jurnal Bisnis Manajemen Dan Perbankan, 3(1), 22–34.
Atmanegara, S. Y., Cahyono, D., Qomariah, N., & Sanosra, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 79–89.
Ciko Ronal Ramdani, Dadan Ahmad Fadill, A. S. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Mitra Medika Narom Kabupaten Bekasi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 41–49.
Eliba, Fitrah, Z. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pada Pt. Asuransi Jiwasraya (Persero) Di Kota Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, IX(3), 88–104.
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS.
Kotler, Philip dan Keller, Kevine. Lane. 2019. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Erlangga: Jakarta.
Kurnia, D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Terrhadap Kepuasan. Scientific Journal Of Reflection, 1(1), 21–30.
Mahfud, Helmi Usamah dan Sitohang, S. (2017). Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kemasan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(1), 1–15.
Nugroho, A. R., & Irena, A. (2017). T he Impact of Marketing Mix , Consumer ’ s Characteristics , and Psychological Factors to Consumer ’ s Purchase Intention on Brand “ W ” in Surabaya. IBuss Management, 5 (1), 55–69.
Pristiyono. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempenga ruhi Kepuasan Nasabah Dan Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah Pt. Bri Simpang Enam Rantau prapat. Jurnal Ecobisma, 4(1), 19–28.
Sarwono, J. (2018). Statistik Untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business, Edisi Keempat. Penerbit: Salemba Empat, Jakarta.
Subagiyo, R, Budiman, A. (2019). Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Saluran Distribusi Terhadap Kepuasan Nasabah. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 5, 280–295.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen (1st ed.). Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2011). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Andi Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.