KOMPARASI DAYA SAING EKSPOR LADA INDONESIA TERHADAP VIETNAM DAN AMERIKA
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.281Keywords:
EPD, Daya Saing, ISP, Lada, RCAAbstract
Indonesia menjadi salah satu produsen lada terbesar di dunia di mana negara-negara yang menjadi tujuan ekspornya adalah Amerika dan negara Asia seperti Vietnam. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis produksi lada di Indonesia dan perkembangan ekspor lada Indonesia ke negara tujuan ekspor yaitu Vietnam dan Amerika dan Menganalisis daya saing ekspor lada Indonesia di pasar Amerika dan Vietnam. Penelitian ini menggunakan data sekunder untuk menjawab tujuan penelitian yang sudah dirumuskan. Data yang digunakan berupa data deret waktu (time series) yang menunjukkan perkembangan produksi lada nasional. Periode data yang digunakan yaitu periode tahun 2017-2021, dengan negara tujuan ekspor yaitu Vietnam dan Amerika. Jenis lada pada penelitian ini adalah lada dengan kode Harmonized System (HS) lada 090411 (Pepper of the genus Piper, neither crushed nor ground). Sumber data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Dirjen Perkebunan, International Trade Centre (ITC). Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis kuantitatif. Metode kuantitatif yang digunakan adalah Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD), Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP). Produk lada Indonesia di negara Amerika berada pada posisi daya saing Rising Star. Di negara Amerika, pertumbuhan pangsa ekspor lada Indonesia bernilai positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permintaan akan lada Indonesia mengalami peningkatan dan pangsa pasarnya mengalami pertumbuhan yang pesat sehingga lada Indonesia memiliki keunggulan kompetitif. Posisi daya saing ini adalah posisi yang tertinggi atau yang paling ideal. Oleh karena itu, bagi Indonesia Amerika adalah pangsa pasar yang sangat potensial dan harus terus meningkatkan kualitas dan kuantitas ekspornya ke Amerika.
Downloads
References
Balqis, P., & Yanuar, R. (2021). Daya Saing Ekspor Lada Indonesia di Pasar Amerika dan Eropa. Forum Agribisnis, 11(2), 182–194. https://doi.org/10.29244/fagb.11.2.182-194
(BPS) Badan Pusat Statistik. (2021). Ekspor Lada Putih menurut Negara Tujuan Utama, 2012-2021. https://www.bps.go.id/statictable/2019/02/25/2023/ekspor-lada-putih-menurut-negara-tujuan-utama-2012-2021.html
F. Anastasia. (2019). BAB II LANDASAN TEORI. Stimart-Amni.
Farah Fadila. (2021). Teori Perdagangan Internasional. Gramedia Blog. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-dan-teori-perdagangan-internasional/
(ITC) International Trade Centre. (2021). Nilai Ekspor Lada Dunia 2017-2021. https://www.trademap.org/
(Kemendag) Kementerian Perdagangan. (2015). Kementerian Perdagangan Indonesia, 2015, Laporan Market Brief Produk Komoditi Lada (HS 0904). http://djpen,kemendag,go,id/membership/data/files/6c52d-lada,pdf
Liputan 6. (2022). Pengertian Ekspor dan Impor Menurut Para Ahli, Ketahui Manfaatnya untuk Negara. Liputan 6. https://id.berita.yahoo.com/pengertian-ekspor-dan-impor-menurut-104523014.html
Mohf Anam. (2020). BAB II TINJAUAN PUSTAKA. IAIN Tulungagung.
Nabi, I. L. M. (2002). Building Competitive Firms : Incentives and Capabilities. Open Knowledge Repository. http://hdl.handle.net/10986/15220
Nur Mahdi, N., & Suprehatin. (2021). Posisi Pasar Lada Indonesia di Pasar Global. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5, 595–605.
Tambunan, T. T. H. (2004). Globalisasi dan perdagangan internasional. Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.