PENGARUH PERJANJIAN INDONESIA-JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IJEPA) TERHADAP PANGSA PASAR PRODUK INDONESIA DI JEPANG

Authors

  • Annisa Eka Wati Politeknik APP Jakarta
  • Indah Febriyanti Fatmah Puteri Politeknik APP Jakarta
  • Muhammad Rizqy Lazuardi Politeknik APP Jakarta
  • Mutiara Ainurrahmah Maksum Politeknik APP Jakarta
  • Valentine Yusrin Susanti Taryana Politeknik APP Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.280

Keywords:

Ekspor, IJEPA, Perdagangan Internasional, Perjanjian Bilateral

Abstract

Setiap negara melakukan perdagangan internasional guna memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat terpenuhi karena adanya keterbatasan hambatan dalam pemenuhan kebutuhannya. Namun, dalam praktiknya, perdagangan internasional terdapat hambatan berupa tarif maupun non-tarif, hal tersebut yang melatarbelakangi pemerintah dari setiap negara untuk mengurangi hambatan perdagangan dengan menciptakan Free Trade Agreement (FTA). Salah satu FTA yang diberlakukan oleh Indonesia yaitu Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) adalah sebuah kesepakatan kerja sama ekonomi perdagangan bebas secara bilateral yang pertama kali dilakukan oleh Indonesia bersama Jepang sebagai salah satu negara mitra dagangnya. Untuk menganalisis pengaruh implikasi IJEPA dalam perdagang internasional khususnya terhadap peluang pangsa produk Indonesia di pasar Jepang, maka dilakukan penelitian dengan pendekatan kuantitatif serta peninjauan literatur. Dari hasil analisis ini menunjukkan bahwa jika Indonesia bisa memanfaatkan semua peluang dan fasilitas yang ada, Indonesia dapat memperluas dan memperkuat pangsa pasar produk atau komoditas Indonesia ke pasar Jepang melalui IJEPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyanti, S. T. (2015). Dampak Perjanjian Perdagangan Indonesia-Jepang (IJEPA) Terhadap Kinerja Perdagangan Bilateral. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 9(2), 129-151.

Bahtiar, H. (2016). KERJASAMA EKONOMI INDONESIA – JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IJEPA) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PERTUMBUHAN INDUSTRI DI INDONESIA - repo unpas. Repo unpas. http://repository.unpas.ac.id/12834/

Darwis Nasution, R. (2015). Perdagangan Bebas dan Kesenjangan Kelas Sosial di Indonesia (Fokus Kajian Kerja Sama AFTA, IJEPA dan CAFTA). J. Humaniora Vol. 12 No. 2 KOPERTIS VII, 12(2), 172-177.

Direktorat Perundingan Bilateral Ditjen Perundingan Perdagangan Internasional. (2017). FACT SHEET INDONESIA-JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IJEPA). https://ditjenppi.kemendag.go.id/assets/files/publikasi/doc_20180515_fact-sheet-indonesia-japan-economic-partnership-agreement-ijepa1.pdf

Gocklas, L., & Sulasmiyati, S. (2017). Analisis Pengaruh Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (Ijepa) terhadap Nilai Perdagangan Indonesia-Jepang (Studi pada Badan Pusat Statistik Periode 2000-2016) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Indonesia Trade Promotion Center. (2022). ITPC Osaka Perdagangan Indonesia – Jepang, Jan-Mar 2022. ITPC Osaka. https://itpc.or.jp/2022/05/20/perdagangan-indonesia-jepang-jan-mar-2022/

ITPC Osaka. (2021). Laporan Analisis Intelijen Bisnis: Makanan Olahan (Saus dan Bumbu Olahan) HS 210390. ITPC Osaka. https://itpc.or.jp/wp-content/uploads/2021/10/6.-Market-Brief-2021-Makanan-Olahan-Saus-dll.pdf

ITPC Osaka. (2018). Laporan Informasi Intelijen Bisnis: Food Preparation HS 2106. ITPC Osaka. https://itpc.or.jp/wp-content/uploads/2018/10/1.-MB-Food-Preparation-HS-2106-web.pdf

Santoso, E. M. (2020). KERJASAMA IJEPA (INDONESIA-JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT) DALAM PERSPEKTIF STRUKTURALISME Pendahuluan IJEPA (Indonesian - eJournal Hubungan Internasional. https://ejournal.hi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/12/37.%20Eko%20M.S_Publish%20(402409)(1)(1)(1)%20(12-18-20-02-5913).pdf

Sitepu, J. (2019). DAMPAK PENERAPAN INDONESIA-JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IJEPA) TERHADAP NILAI EKSPOR IMPOR INDONESIA. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 2(3), 19-30.

Sukanto, I. F. (2022). Potensi Ekspor ke Jepang – UKM Indonesia. UKMINDONESIA.ID. https://www.ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/potensi-ekspor-ke-jepang

Suparmanto, A. (2020). Peluang Produk Halal Indonesia Di Pasar Global. Proceedings of Webinar Penguatan Sinergisitas Amtara Badan Penyelenggara Sertifikasi Halal, Pengusaha, Pegiat Hala, dan Stake Holder Lainnya Untuk Menghadapi Pasar Global Untuk Produk Halal. Jakarta. Hal 8-9.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Wati, A. E., Puteri, I. F. F., Lazuardi, M. R., Maksum, M. A., & Taryana, V. Y. S. (2023). PENGARUH PERJANJIAN INDONESIA-JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IJEPA) TERHADAP PANGSA PASAR PRODUK INDONESIA DI JEPANG. JURNAL ECONOMINA, 2(1), 218–229. https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.280