PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM PEMPEK YAYA HOUSE DENGAN OPTIMASI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Deslyn Melodya Universitas Internasional Batam
  • Erlin Universitas Internasional Batam
  • Erni Universitas Internasional Batam
  • Maggie Universitas Internasional Batam
  • Meliana Universitas Internasional Batam
  • Irene Lim Universitas Internasional Batam
  • Fitriana Aidnilla Universitas Internasional Batam
  • Renza Fahlevi Universitas Internasional Batam

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.256

Keywords:

Keterikatan, Pemasaran, Sosial Media

Abstract

Kegiatan pemasaran yang tepat dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Penelitian ini membahas mengenai UMKM Pempek Yaya House yang menggunakan media sosial sebagai teknik pemasarannya. UMKM Pempek Yaya House menggunakan Instagram dan Facebook dalam pemasarannya menggunakan sosial media, namun di sini peneliti akan membahas lebih lanjut mengenai pemasarannya di media sosial Instagram. Pengikut dari UMKM Pempek Yaya House cukup banyak namun engagement yang dihasilkan tidak sebanding dengan pengikutnya yang diduga karena postingan dari UMKM Pempek Yaya House yang kurang menarik. Maka dari itu dibuatlah penelitian ini untuk membantu UMKM Pempek Yaya House dalam menghasilkan konten yang lebih menarik. Konten-konten tersebut akan diposting di Instagram UMKM Pempek Yaya House dengan harapan dapat menghasilkan engagement yang baik yang dapat memancing terjadinya kegiatan E-WOM, untuk membantu memperluas pangsa pasarnya sehingga dapat menaikkan penjualan dari UMKM Pempek Yaya House. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan kuesioner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifia Seftin Oktriwina. (2022, October). Metode SMART: Arti, Keuntungan, dan Contoh Tabelnya.

Bafghi, E. P. (2017). Clustering of Customers Based on Shopping Behavior and Employing Genetic Algorithms. Engineering, Technology & Applied Science Research, 7(1), 1420–1424. https://doi.org/10.48084/etasr.752

Tallyfy. (2021). High-Value Customer: Definition, Acquisition and Retention. Tallyfy.Com. https://tallyfy.com/high-value-customer/

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Melodya, D., Erlin, E., Erni, E., Maggie, M., Meliana, M., Lim, I., Aidnilla, F., & Fahlevi, R. (2023). PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM PEMPEK YAYA HOUSE DENGAN OPTIMASI MEDIA SOSIAL. JURNAL ECONOMINA, 2(1), 64–78. https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.256