PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE MEREK OPPO PADA TOKO FAIQAH PONSEL DI UJUNG AIR, KECAMATAN SUTERA, KABUPATEN PESISIR SELATAN, SUMATERA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.234Keywords:
Ekuitas Merek, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ekuitas merek dan variabel harga terhadap keputusan pembelian Produk Mobile Merek Oppo di Toko Faiqah Ponsel Ujung Air Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Sumatera Barat. Jenis penelitian kuantitatif ini, menggunakan data primer dan data sekunder, mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner kepada 70 responden dengan menggunakan rumus slovon, menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, pengujian multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linier berganda dan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Downloads
References
Agustini, E. N. P., & Suasana, I. G. A. K. G. (2020). “Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Gerai Starbucks Di BALI.” Economics Development Analysis Journal 25(1):22–40.
Amilia, S., & Asmara, M. O. N. (2017). “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam 6(1):660–69.
Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8), Cetakan Ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Lucky F.T. (2021). “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang.” Productivity 2(1):69–72.
Gunawan, A. C.,& Susanti F.(2017). “Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang.”
Hadiyatno, & Didik. (2016). “Pengaruh Kompetensi,Kompensasi Dan Kepasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PTCiomas Adisatwa Balikpapan.” 1–19.
Hendro, C. R., & Wahyu H. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Handphone Merek Iphone Kota Semarang.” Diponegoro Journal of Social and Politic 1–8.
Hidayat, R. R.(2018). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pembeli Gula Aren Sawit Di Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai Provinsi Sumut).” 1–2.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I.(2020). “Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto.” Maker: Jurnal Manajemen 6(1):31–42. Doi: 10.37403/mjm.v6i1.143.
Jansen, F. Y., Frederik G. W., & Fitty, V. A. (2022). “Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat 2019-2020 the Effect of Brand Equity , Brand Image , and Product Quality on Consumer Purchase Decisions on Samsung Smartphone Products on Students of the Fac.” 10(1):279–88.
Lelet, P.S., Bode L., & Debry C. A. L. (2022). “Pengaruh Ekuitas Merek, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Manzone Di Marahari Mega Mall Manado).” 10(1):1590–99.
Lubis, A. S.(2018). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Pada PT. Suara Barisan Hijau Harian Orbit Medan.” 16(02):1–11.
Marnah, M. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo Makassar.
Nasution, A. E.,& Muhammad, T. L. (2018). “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi Kasus Pada Alfamart Di Kota Medan ).” Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia 1(2):83–88.
Nugraha, A. (2018). “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Studi Pada Mie Sedap).” Jurnal Ekonomi & Manajemen Bisnis 39(2):105–6.
Priyatno, D. (2014). Spss 22 Pengolahan Data Terpraktis. yogyakarta: Cv. Andi Offset.
Ramadhan, S. (2017). “Analisis Pengaruh Ekuitas Merek, Harga Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Astra.”
Septiano, R. (2022). “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Padang.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 2(9):3097–3106.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. edited by S. Y. Suryandari. Bandung: Alfabeta.
Syamruddin., & fhadilah, N. H. (2019). “Pengaruh Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi ( Studi Kasus Komunitas Mi Fans Jakarta Dan Depok ).” 2(1):1–14.
Utami, V. A., Silvia, A., & Suhairi. (2022). “Pengaruh Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Iphone Di Kota Medan.” Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local. 1(69):5–24.
Wibisono, E. S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD. Rizky Barokah Di Balongbendo. Vol. 53.
Widhiarta, I., Gede, T. E.,&Wardana, I. M. (2018). “Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Di Denpasar.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 4(4):254033.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.