FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NEGOSIASI DAN MANAJEMEN KONFLIK PADA INDUSTRI MANUFAKTUR DAN INDUSTRI MAKANAN OLAHAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i1.233Keywords:
Budaya, Internasional, Konflik, Negosiasi, PerbedaanAbstract
Tujuan penelitian untuk menganalisis negosiasi yang dilakukan oleh 2 perusahaan besar yaitu industri manufaktur dan industri makanan olahan. Dalam menghadapi konflik perbedaan budaya yang ada dalam melakukan pengembangan bisnis nya. Metode analisa data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode deskriptif studi literatur dengan mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Hasil studi menunjukkan bahwa industri manufaktur dan industri makanan olahan merupakan perusahaan yang menghargai berbagai perbedaan suku dan budaya dalam perusahaan mereka. Budaya negosiasi dan manajemen konflik didalam perusahaan juga mempertimbangkan beberapa konteks seperti, konteks lingkungan dan konteks langsung. Untuk menunjukkan keberhasilan kedua perusahaan ini dalam mengatasi manajemen konflik atas perbedaan budaya, perusahaan-perusahaan ini dengan sukses menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan global di dunia.
Downloads
References
Abhiyoga, N., Hamida, M. Z., Calvina, B., & Attala, F. R. (2021). Proses Internasionalisasi PT Indofood Dalam Berinvestasi Di Nigeria Melalui Foreign Direct Investment. Dauliyah, 6, 343–364.
Agustina, P. (2016). Kemampuan Menjadi Negosiator dalam Menghadapi Massa yang Berunjuk Rasa. 182–189. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Angganita, I., Dewi, P. R. K., & Widya, A. (2018). Alasan Unilever Melakukan Kerja Sama dengan PT. Perkebunan Nusantara Terkait Percepatan Produksi Minyak Sawit Berkelanjutan Tahun 2018. Ojs.Unud.Ac.Id, 1–14. https://ojs.unud.ac.id/index.php/hi/article/download/76184/40670
Diantama, N. J. (2016). Upaya Unilever Dalam Meningkatkan Kualitaskehidupan Dan Lingkungan Melalui “Unilever Sustainable Living Plan” Di Indonesia. E-Journal Ilmu Hubungan Internasional, 4 (4), 1285–1300.
Kantar Indonesia. (2021). Brand Footprint 2021 Indonesia. 9. https://www.kantarworldpanel.com/id/News/Brand-Footprint-Indonesia-2021#download
Linh, L. N., & Chung, T. K. N. (2012). Cultural adaptation of Unilever in Vietnam.
Mirza, M. (2020). Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance dan Bussines Ethic pada PT Unilever. 1 (3). https://doi.org/10.31933/JEMSI
Nova Syafira Ariyanti, N., Syafira Ariyanti, N., Mustiningsih, M., & Arifin, I. (2019). The Principal’s Conflict Management Strategy through Increased Community Participation in the Era of Industrial Revolution 4.0. 9 (3), 1–18. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.7
Novianty, S. A. (2021). Indonesian Soft Power Diplomacy through Indomie (Soft Power Diplomasi Indonesia melalui Indomie). October, 0–8.
Nur, P. A. (2021). Strategi Memasuki Pasar Internasional (Study Kasus PT Indofood Sukses Makmur Tbk.).
Pratama, I. (2015). PERLUNYA PEMAHAMAN LINTAS BUDAYA DALAM PROSES NEGOSIASI BISNIS (Studi Pada PT. Pratama Jaya Perkasa). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijayaa, 24 (1), 86028.
Purnomolastu, N., Wijaya, A., & Aprilianto. (2012). Negosiasi Berkarakter Lintas Budaya.
Samudra, A. B. (2016). Negosiasi antar budaya. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/52622222/Angga_Bagas_Samudra_-_145020307111048_-_Cross_Culture_Management_-_CB_-_Final_Exam_-_Group_9.pdf
Surya, E., Safaatul, C., & Sukoco, I. (2022). Analisis Penerapan Komunikasi Lintas Budaya dalam Perusahaan Multinasional (Suatu Telaah Pustaka). 2 (2).
Vidi, E., Riesta, L., & Oktarina, A. (n.d.). Pola Komunikasi Lintas Budaya Indonesia-Turki Pada Platform Ankaranesia. 92–105.
Zakiyah, A. (2016). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Manajemen Konflik pada Siswa Kelas XII MAN Yogyakarta II. I (02), 0–116. http://dspace.unitru.edu.pe/bitstream/handle/UNITRU/10947/Miñano Guevara%2C Karen Anali.pdf?sequence=1&isAllowed=y%0Ahttps://repository.upb.edu.co/bitstream/handle/20.500.11912/3346/DIVERSIDAD DE MACROINVERTEBRADOS ACUÁTICOS Y SU.pdf?sequence=1&isAllowed=
Zumaeroh. (2010). MENGENALI KONFLIK DALAM NEGOSIASI. Majalah Ilmiah Ekonomika, 13(4), 130–162.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.