Makna Kemandirian Ekonomi bagi Mahasiswa yang Menjalankan UMKM di Lingkungan Kampus

Authors

  • Yana Fajriah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bongaya Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v4i10.1775

Keywords:

Kemandirian Ekonomi, Mahasiswa, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna kemandirian ekonomi bagi mahasiswa yang menjalankan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di lingkungan kampus. Fenomena meningkatnya jumlah mahasiswa pelaku UMKM menunjukkan adanya pergeseran paradigma dari ketergantungan ekonomi menuju kemandirian finansial yang berorientasi pada kreativitas dan inovasi. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, penelitian ini menggali pengalaman subjektif mahasiswa dalam mengelola usaha sambil menjalankan peran akademiknya. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan mahasiswa yang aktif menjalankan UMKM di sekitar kampus serta observasi terhadap kegiatan usaha yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian ekonomi bagi mahasiswa tidak hanya dimaknai sebagai kemampuan menghasilkan pendapatan, tetapi juga sebagai bentuk aktualisasi diri, pembelajaran praktis, dan penguatan karakter kewirausahaan. Mahasiswa merasa lebih percaya diri, tangguh, dan mampu mengatur waktu antara kuliah dan bisnis. Selain itu, kemandirian ekonomi berperan penting dalam membangun mental produktif dan tanggung jawab sosial, karena mahasiswa terdorong menciptakan lapangan kerja kecil bagi teman sebayanya. Penelitian ini menegaskan bahwa UMKM mahasiswa berkontribusi terhadap penguatan ekosistem ekonomi kampus serta menciptakan budaya wirausaha yang berkelanjutan. Temuan ini diharapkan menjadi dasar bagi pihak kampus untuk merancang program pendampingan dan inkubasi bisnis yang lebih terarah dalam mendukung kemandirian ekonomi mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hendri, A., & Sari, M. (2021). Kemandirian Ekonomi Mahasiswa dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Lestari, D., & Suharto, E. (2021). Tantangan mahasiswa dalam menjalankan UMKM di lingkungan kampus. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 16(2), 145–157.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (4th ed.). Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A. (2022). Motivasi dan tantangan mahasiswa dalam mengelola UMKM kampus. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Indonesia, 7(1), 33–47.

Prasetyo, R. (2022). Digitalisasi UMKM mahasiswa dalam menghadapi era ekonomi kreatif. Jurnal Manajemen dan Teknologi, 14(3), 212–226.

Rahman, T. (2021). Pendidikan Karakter dan Kemandirian Ekonomi Generasi Muda. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana. (2020). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Suryana. (2020). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Tambunan, T. (2020). UMKM di Indonesia: Isu-isu Penting dan Pengembangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wibowo, A. (2021). Peran kampus dalam penguatan ekosistem kewirausahaan mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi Kreatif, 5(2), 89–103

Downloads

Published

2025-10-25

How to Cite

Fajriah, Y. (2025). Makna Kemandirian Ekonomi bagi Mahasiswa yang Menjalankan UMKM di Lingkungan Kampus. JURNAL ECONOMINA, 4(10), 348–353. https://doi.org/10.55681/economina.v4i10.1775