PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (The Effect of Students’ Perceptions on Teachers’ Pedagogic Competency and Microsoft Teams Applications on Learning Motivation)

Authors

  • Hesti Eka Suma Rahayu Universitas Bhinneka PGRI
  • Siswo Subagyo Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.163

Keywords:

Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Pedagogik Guru, Aplikasi Microsoft Teams, Motivasi Belajar

Abstract

Masuknya pandemi Covid-19 di Indonesia melemahkan sektor dibidang pendidikan sehingga kegiatan belajar mengajar terpaksa di laksanakan dalam jarak jauh. Sehingga kondisi dan suasana kelas akan menjadi pendukung dorongan peserta didik untuk semangat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dan aplikasi microsoft teams terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran ekonomi Bisnis Kelas X di SMKN 2 Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan jumlah populasi 90 peserta didik sehingga penelitian ini termasuk ke dalam penelitian populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dengan motivasi belajar. 2) ada pengaruh yang signifikan antara aplikasi microsoft teams dengan motivasi belajar. 3) ada pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dan aplikasi microsoft teams terhadap motivasi belajar. Sehingga dapat disimpulakn bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dan aplikasi microsoft teams terhadap motivasi belajar yang dapat dilihat dari hasil perhitungan dari thitung maupun fhitung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, M., & Yuliawati, F. (2016). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Pedagogik Pendidik Terhadap Motivasi Belajar IPA di MI Muhammadiyah Taskombang. Pendidikan Dasar Islam, 8, 28–37.

Anggraeni, R., Ekawarna, E., & Kamid, K. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru, Lingkungan Keluarga Dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp N 10 Kota Jambi. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(6), 534–545. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i6.283

Bachtiar, T., & Hakim, A. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa MTS Sultan Hasanuddin. Nalar Pendidikan, 8, 147–153. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i2.16411

Baiduri, I., Husen, M., & Bustaman, N. (2019). Hubungan Konsep Diri, Minat Jurusan dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling, 4(2), 19–26.

Edusainstech, P. S., Nabila, H., Sulistiyaningsih, D., Semarang, U. M., & Semarang, U. M. (2020). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN MICROSOFT TEAMS KELAS XI SMA NEGERI 9 yang Mempengaruhi Signal, Ketidakmampuan dalam Pembelajaran Online, Interaksi Selama Proses Pembelajaran, dan Tugas dan Bahan Ajar Dalam P. 62–71.

Khadijah, I. (2021). Kompetensi Guru IPA dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 di SMPN 2 Kramatwatu Serang. 1(1).

Liubana, A., & Puspitasari, D. (2021). Analisis Pengaruh Penggunaan E-Learning Dengan Google Classroom Dan Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Brothers And Sisters House Kota Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. 7(2), 417–427.

Nafisah, N. A., & Fitrayati, D. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Microsoft Teams terhadap Hasil Pembelajaran Ekonomi Siswa SMA. Ilmu Pendidikan, 3(5), 2676–2682.

Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.

Rosyid, moh. Zaiful, Mustajab, & Abdullah, aminol rosid. (2019). Prestasi belajar. Literasi Nusantara Abadi.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Rahayu, H. E. S., & Subagyo, S. (2022). PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR (The Effect of Students’ Perceptions on Teachers’ Pedagogic Competency and Microsoft Teams Applications on Learning Motivation). JURNAL ECONOMINA, 1(4), 702–712. https://doi.org/10.55681/economina.v1i4.163