Pengaruh Kemajuan Teknologi Investasi, Sosial Media Edukasi Saham, Motivasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Generasi Z Kabupaten Kudus
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v3i11.1483Keywords:
Kemajuan Teknologi, Sosial Media Edukasi Saham, Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Minat InvestasiAbstract
Penelitian ini menguji pengaruh kemajuan teknologi investasi, sosial media edukasi saham, motivasi dan pengetahuan investasi terhadap minat investasi Generasi Z di Kabupaten Kudus. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan survei kepada 426 responden melalui purposive sampling. Analisis dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan varibel perkembangan teknologi, sosial media eduaksi saham, motivasi investasi, pengetahuan ivestasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi.
Downloads
References
Aini, N., Maslichah, & Junaidi. (2019). Pengaruh Pengetahuan Dan Pemahaman Investasi, Modal Minimum Investasi, Return, Risiko Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Kota Malang). E-Jra, 08(05), 38–52.
Ainiyah, N., & Indrarini, R. (2022). Pengaruh Motivasi Investasi dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Berinvestasi di Reksadana Syariah pada Generasi Z Kota Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islami, 5(22), 80–94. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jeif.
Ajzen. (1991). Theory of Planned Behavior.
Anisah, M. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Masyarakat di Pasar Modal How Investment Knowledge Have an Impact on the Investment Interest of People in the Capital Market. 23(2), 252–259.
Baihaqqi, I. K., & Prajawati, M. I. (2023). Pengaruh Risk Tolerance dan Religiusitas terhadap Keputusan Investasi dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(3), 960–968. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i3.2448
Burhanudin, H., Mandala Putra, S. B., & Hidayati, S. A. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Manfaat Investasi, Motivasi Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Return Investasi Terhadap Minat
Investasi Di Pasar Modal ( Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram ). Distribusi - Journal of Management and Business, 9(1), 15–28. https://doi.org/10.29303/distribusi.v9i1.137
Cahya, A. D., & Setyarini, E. (2020). Menguji Keputusan Berinvestasi Dari Perspektif Pembelajaran Pasar Modal, Kemajuan Teknologi, Uang Saku Mahasiswa Dan Bauran Pemasaran (Galeri Investasi Bursa Efek Indonesiafakultas Ekonomi Ust). Upajiwa Dewantara, 4(1), 60–72. https://doi.org/10.26460/mmud.v4i1.6857
Claudia Martin, P., Budiono, K., & Kartika Sari, N. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Return, Persepsi Risiko, Kebijakan Modal Minimal Investasi Dan Perkembangan Teknologi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Kabupaten Jember. JAKUMA : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Keuangan, 4(2), 58–74. https://doi.org/10.31967/jakuma.v4i2.963
Fattah, M. W. (2023). Pengaruh Kemajuan Teknologi Investasi, Sosial Media Edukasi Saham, dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Indonesia. Journal of Economics and Business UBS, 12(4), 2026–2042. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i4.301
Maharani, B., Hidayah, N., & Magelang, U. M. (2021). Peran Media Sosial Dalam Pengambilan Keputusan. 0832(September), 275–286.
Novia, N. A., Berlianti, N., Anasril, A. R., & Azmi, Z. (2022). The Effect Of Capital Market Training, Investment Knowledge, and Investment Motivation On Investment Interest In The Capital Market In Accounting Students, Muhammadiyah University Of Riau. Research In Accounting Journal, 2(2), 304–314. http://journal.yrpipku.com/index.php/raj%7C
Putra, R. J., & Qodary, H. F. (2021). Pengaruh Pengenaan Bea Materai Dan Kemudahan Teknologi Investasi Terhadap Minat Investasi Yang Dimoderasi Oleh Sosial Media Edukasi Saham. Media Akuntansi Perpajakan, 6(1), 31–39. https://doi.org/10.52447/map.v6i1.5005
Rizki, C., Widyasari, Y. S. D., & Hidayaty, D. E. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi dan Edukasi Pasar Modal Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 35–42.
Rusdim, A. (2022). Pengaruh Social Media Influencer Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal= the Influence of Social Media …. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/17251/
Sari, V. M., Putri, N. K., Arofah, T., & Suparlinah, I. (2021). Pengaruh Motivasi Investasi, Pengetahuan Dasar Investasi, Modal Minimal, dan Kemajuan Teknologi terhadap Minat Investasi Mahasiswa. Jurnal Doktor Manajemen (JDM), 4(1), 88. https://doi.org/10.22441/jdm.v4i1.12117
Sindy Utami, & Hwihanus Hwihanus. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kebijakan Modal Minimal Investasi, dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 64–78. https://doi.org/10.56910/gemilang.v4i2.1175
Siswanti, P. D., & Eko Triyanto. (2023). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Awal Investasi Dan Sosial Media Influencer Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Di Pasar Modal (Studi Empiris Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1–13. https://doi.org/10.55606/jebaku.v3i2.1589
Sitijak, J. L., Afrizawati, & Ridho, S. L. Z. (2021). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Berinvestasi Mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya di Pasar Modal. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 134–141.
Subowo, T. (2022). Pengaruh Literasi keuangan, kemajuan teknologi, persepsi return dan risiko terhadap minat berinvestasi di pasar modal. Fortunate Business Review, 2(1), 20–31. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=Determinan+y ang+Berpengaruh+pada+Minat+Investasi+di+Pasar+Modal&btnG=
Syaputra, A., & Aslami, N. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi Di Pasar Modal Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa. Journal of Social Research, 1(3), 163–168. https://doi.org/10.55324/josr.v1i3.51
Wardah, S., & AMRUL, R. (2020). 89-1-287-1-10-20200709. VII(1), 55–68.
Zahro, N. I., Hidayanti, A. N., Ashsifa, I., & Kuncoro, M. T. (2024). Pendampingan Strategi Digital Marketing dan Pengelolaan Aplikasi Keuangan pada UD Sumber Barokah. 13(2), 1470–1479.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JURNAL ECONOMINA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








