Pengaruh Patron Klien, Jarak Pasar dan Harga Jual terhadap Pengambilan Keputusan Nelayan di Desa Benua Anyar Kec. Bakumpai

Authors

  • Ansharullah Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  • Melati Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v3i4.1287

Keywords:

Harga Jual, Jarak Pasar, Patron Klien, Pengambilan Keputusan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Patron Klien, Jarak Pasar dan Harga Jual yang berperan dalam Pengambilan Keputusan Nelayan Menjual Ikan. faktor mana yang lebih dominan dalam mempengaruhi keputusan nelayan selama ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Patron Klien, Jarak Pasar dan Harga Jual Secara Parsial Maupun Simultan Terhadap Pengambilan Keputusan Nelayan Menjual Ikan. Jenis penelitian survei pendekatan kuantitatif. Analisis data regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan patron klien (X1),Jarak Pasar (X2) dan harga jual (X3) berpengaruh simultan dengan hasil 0.002175 (0.05) dan 0.3278 (>0.05), Harga Jual (X3) berpengaruh parsial terhadap Pengambilan Keputusan Nelayan dalam Menjual Ikan (Y) hasil hitung yaitu 0.0002 (<0.05) hasil nilai Adjusted R Square sebesar 0.22 disimpulkan sumbangan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara simultan sebesar 22% sedangkan sisanya sebesar 78% dipengaruhi variabel lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015.

Afriani, Novita. “Analsiis Faktor Penyebab Kemiskinan Nelayyan Di Kecamatan Sibolga Utara Pantai Ujung Sibolga.” Repository, 2021.

Afriansyah, Rifai. “KONDISI SOSIAL EKONOMI NELAYAN PUKAT PANTAI DI KANAGARIAN SUNGAI PINANG KECAMATAN KOTO XI TARUSAN.” telkom university, 2019.

Ali Murtadlo dkk, Fakhri. “TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI IKAN ANTARA NELAYAN DENGAN BAKUL (TENGKULAK) DI PELABUHAN PERIKANAN BULU-TUBAN.” jurnal Ekonomi Islam Volume 2 Nomor 3 (2019).

Alviana Ahza, lily. “Analsiis Penetapan Harga Ikan antara Bakun dan Nlayan Desa Gebang Mekar dalam Persfektif Hukum Ekonomi Syariah.” Digital Library, 2022.

Aryanto dkk, Daniel gustinus. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN BURUH NELAYAN DI PANTAI SENDANGBIRU DESA TAMBAKREJO KABUPATEN MALANG.” jurnal ilmu ekonomi Vol 1Jilid 1 (2017).

Dewayanti, Noviana Citra. “Analisis pemasaran ikan laut segar di kabupaten cilacap.” digilib.uns.ac.id, 2003.

Dwi Djayanti, Desy. “KOMPARASI PENDAPATAN ANTARA NELAYAN SWADANA DENGAN NELAYAN MODAL DARI TENGKULAK DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) JAYANTI.” eprints, 2019.

EDWARDS, WARD. “THE THEORY OF DECISION MAKING.” The Johns Hopkins University Vol. 51, No. 4, (1954).

Hastinah, R. Pengaruh Pengalaman Investor, Nilai Investor dan Kepuasn Investor terhadap Loyalitas Investor Galeri Investasi Syariah BEI FEBI UIN ANtasari Banjarmasin, 2022.

Jelita, Jelita. “STRATEGI PENETAPAN HARGA HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI TPI LAPPA DALAM TINJAUAN EKONOMI SYARIAH.” INSTITUT AGAMA ISLAM (IAI) MUHAMMADIYAH SINJAI, 2021, 9.

Kacho, Kyoto. “Patron-Client Relationship (PCR) in Fresh Fish Trade (FFT) at Lake Chad, Cameroon.” ustralia Conference Proceedings, 2014.

M yoesoef, Yoesrizal. “PERSPEKTIF MUAMALAH ISLAM TERHADAP JUAL BELI IKAN NELAYAN DENGAN TENGKULAK DI DESA KUALA CANGKOI, LAPANG, ACEH UTARA.” Jurnal JESKaPe Vol. 1, No. 1 (2017).

Muninggar dkk, Retno. “FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NELAYAN MENJUAL HASIL TANGKAPAN DI LUAR TPI LAMPASING: SEBUAH TINJAUAN KEBIJAKAN.” BULETIN PSP Volume 21 No. 2 (2013).

Sugiyono, Sugiyono. METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. 2. Alfabeta, 2021.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Ansharullah, A., & Melati, M. (2024). Pengaruh Patron Klien, Jarak Pasar dan Harga Jual terhadap Pengambilan Keputusan Nelayan di Desa Benua Anyar Kec. Bakumpai. JURNAL ECONOMINA, 3(4), 536–545. https://doi.org/10.55681/economina.v3i4.1287