Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Muzakki Membayar Zakat Secara Online

Authors

  • Novi Febriyanti Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Ragil Satria Wicaksana Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Alia Jihan Sahira Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Achmad Budi Susetyo Universitas Trunojoyo Madura
  • Rahmad Nursyahidin Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nuriya Luthfiana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v3i4.1280

Keywords:

Literasi Zakat, Model Penerimaan Teknologi, Pengaruh Komitmen, Sistem Pembayaran Zakat, Zakat Digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Literasi Zakat, Literasi Digital, Persepsi Manfaat, Persepsi Kenyamanan dan Pengaruh Komitmen Terhadap Keputusan Membayar Zakat Profesional Menggunakan Sistem Pembayaran Zakat Digital. Sampel penelitian ini terdiri dari 140 informan yang telah membayar zakat profesinya dengan menggunakan sistem pembayaran zakat digital. Belajar Metode ini menggunakan analisis kuantitatif PLS-SEM dengan bantuan alat analisis SmartPLS 3. Hasil survey menunjukkan bahwa Literasi Zakat, Literasi Digital, Perceived Convenience dan Commitment Effect mempunyai pengaruh positif mempunyai dampak signifikan terhadap keputusan membayar zakat profesi dengan menggunakan metode sistem pembayaran zakat digital. Sedangkan variabel Persepsi Manfaat tidak berpengaruh terhadap keputusan membayar zakat profesi menggunakan sistem pembayaran zakat digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, W., & Prijanto, B. (2021). Faktor yang Memengaruhi Minat Muzaki dalam Membayar Zakat Melalui Kitabisa.com: Pendekatan Technology Acceptance Model dan Theory of Planned Behavior. Al-Muzara’ah, 9(1), 21–44. https://doi.org/10.29244/jam.9.1.21-44

Badan Amil Zakat Nasional. (2020). Outlook Zakat Indonesia 2020. In PuskasBAZNAS. https://www.puskasbaznas.com/publications/books/1113-outlook-zakat-indonesia-2020

Bank Indonesia. (2019). Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025-Menavigasi Sistem Pembayaran Nasional di Era Digital. Bank Indonesia, 1–81. https://www.bi.go.id/id/publikasi/kajian/Documents/Blueprint-Sistem-Pembayaran-Indonesia-2025.pdf

Darmansyah, Fianto, B. A., Hendratmi, A., & Aziz, P. F. (2020). Factors determining behavioral intentions to use Islamic financial technology: Three competing models. Journal of Islamic Marketing, 12(4), 794–812. https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2019-0252

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Febriyanti, N. (2021). Enhancing the Effectiveness of the Zakat Management System to Reduce Taxable Income for Muslim Communities in East Java. Al-Risalah: Forum Kajian Hukum Dan Sosial Kemasyarakatan, 21(2), 271–279. https://doi.org/10.30631/alrisalah.v21i2.821

Fadhila, I. M. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengeluarkan Zakat, Infaq dan Sedekah di LAZISWAF UNIDA Gontor. Journal of Islamic Economics and Philanthropy (JIEP), 3(2), 1160–1185.

Fahma Ninda, A. N. (2023), Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Membayar Zakat Profesi Menggunakan Sistem Pembayaran Zakat Digital. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/60629/

Febriyanti, Novi. “Mekanisme pengelolaan zakat sebagai pengurang penghasilan kena pajak masyarakat muslim di Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Timur.” Master Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.

Febriyanti, N., Rahmanto, D. N. A., & Nursyahidin, R. (2022, December). Contribution of Islamic Social Finance Philosophy BAZNAS of DI Yogyakarta in Malioboro MSMEs Empowerment Post Covid-19 Pandemic. In ICONIEB: International Conference of Islamic Economics and Business (Vol. 1, No. 1).

Febriyanti, Novi., Wicaksana, R. S., Anis, F. N., Ruliana, R., Wusqo, U. A., Komalasari., I. (2023). Inovasi Pembiayaan Mudharabah Linked Waqf. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(3), 343–351. https://doi.org/10.59059/jupiekes.v1i3.1106

Fitri, L., & Falikhatun, F. (2021). Religiosity, Literacy, Income and Accessibility to Awareness in Professional Zakah Payment: A Quantitative Study. International Journal of Zakat, 6(1), 39–48. https://doi.org/10.37706/ijaz.v6i1.268

Ichwan, A., & Ghofur, R. A. (2020). Pengaruh Technology Acceptance Model Terhadap Keputusan Muzakki Membayar Zakat Melalui Fintech Gopay. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 129–135. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1011

Puskas Baznas. (2020). Laporan Hasil Survey Indeks Literasi Zakat 2020. Pusat Kajian Strategis BAZNAS, 1–10.

Puskas Baznas. (2022). Outlook Zakat Indonesia 2022 (Vol. 4, Issue 1). Pusat Kajian Strategis- Badan Amil Zakat Nasional (Puskas BAZNAS).

Puskas BAZNAS. (2019). Indeks Literasi Zakat. Pusat Kajian Strategis- Badan Amil Zakat Nasional (Puskas BAZNAS).

Puskas BAZNAS. (2021). Outlook Zakat Indonesia 2021. In BAZNAS PUSKAS Working Paper Series. Pusat Kajian Strategis- Badan Amil Zakat Nasional (Puskas BAZNAS).

Qoyum, A., Berakon, I., & Al-Hashfi, R. U. (2021). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis Islam “Teori dan Aplikasi.” RajaGrafindo Persada.

Tantriana, D., & Rahmawati, L. (2018). The Analysis of Surabaya Muzaki’s Preference for Zakat Payment through Zakat Digital Method. International Conference of Zakat, 23. https://doi.org/10.37706/iconz.2018.118

Tiara, S., Yurniwati, Y., Putriana, V. T., & Putriana. (2022). Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi, dan Literasi Zakat terhadap Preferensi Muzakki dalam Memilih Saluran Distribusi Zakat. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 340. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.536

UNESCO. (2005). Literacy for Life Education for All. UNESCO Publishing.

Septianawati, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran dan Compromise Effect Terhadap Motivasi Muzakki Membayar Zakat Profesi di BAZNAS Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/5836/

Sukmawati, H., Wisandani, I., & Kurniaputri, M. R. (2022). Penerimaan dan Penggunaan Muzakki dalam Membayar Zakat Non-Tunai di Jawa Barat: Ekstensi Teori Technology of Acceptance Model. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(4), 439–452. https://doi.org/10.20473/vol9iss20224pp439-452

Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0 (Cetakan Pe). UPP STIM YKPN.

Yudha, A., Febriyanti, N., & Rofiqoh, I. (2023). The Polowijen Cultural Village Sector of Halal Destinations as A Medium for Regional Economic Resilience Post Covid-19 Pandemic. Ecoplan, 6(2), 175-189. https://doi.org/10.20527/ecoplan.v6i2.673

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Febriyanti, N., Wicaksana, R. S., Sahira, A. J., Susetyo, A. B., Nursyahidin, R., & Luthfiana, N. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Muzakki Membayar Zakat Secara Online. JURNAL ECONOMINA, 3(4), 522–535. https://doi.org/10.55681/economina.v3i4.1280