Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman (Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v3i2.1220Keywords:
Likuiditas, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Rasio Keuangan, SolvabilitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas, dan Rasio Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis dan sumber data yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2019 – 2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan menghasilkan sebanyak 104 sampel data yang diolah yang telah memenuhi kriteria. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi dengan regresi linear berganda, serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan Likuiditas tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Solvabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, Profitabilitas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan.
Downloads
References
Ali, J., Faroji, R., & Ali, O. (2021). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). Jurnal Neraca Peradaban, 1(2), 128–135.
Anwar, A. M. (2021). Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity, dan Return On Assets Terhadap Harga Saham (Studi kasus pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(2), 146–157.
Ardiansyah, G. G. K. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1), 367. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i1.7165
FAUZIAH, N., & Khasanah, U. (2022). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Financial Distress Pada Perusahaan Sub-Sektor Restoran, Hotel, Pariwisata Tahun 2016 – 2020. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 7(1), 58. https://doi.org/10.29103/j-mind.v7i1.7459
Harfani, A. N., & Nurdiansyah, D. H. (2021). Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 5(1), 497–505. https://doi.org/10.31539/costing.v5i1.2818
Idris, A. (2021). Dampak Profitabilitas Dan Likuiditas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman di Indonesia. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 18(1), 11. https://doi.org/10.33370/jmk.v18i1.515
Jannata, S. N., & Pertiwi2, T. K. (2022). Analisis Nilai Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(4), 739–754. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i4.1074
Nugroho, A., Indriyatni, L., & Widodo, U. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Fokus EMBA, 01(02), 165–172. https://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fokusemba
Nurulrahmatiah, N., Pratiwi, A., & Nurhayati. (2020). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen Pengaruh Good Corporate Governance dan Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2011-2018. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, X1 NO. 2 j(2), 135–145.
Putri, S., & Mukti, A. H. (2023). Analisis Pengaruh Dividend Payout Ratio, Return on Asset, Dan Penjualan Terhadap Harga Saham. Trilogi Accounting and Business Research, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.31326/tabr.v4i1.1593
Racabadi, D. A. P., & Priyawan, S. (2023). Pengaruh Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Pada Bei Tahun 2019-2021. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (JUMIA), 1(1), 13–27.
Satria Rukmana, H., M., Zakaria Hamzah, Z., & Apriyanti, A. (2022). PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020). Economicus, 16(2), 112–123. https://doi.org/10.47860/economicus.v16i2.298
Siburian, A. N., & Anggrainie, N. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Brand Image, Brand Ambassador, Diskon, Harga dan Sales Promotion terhadap Pembelian Implusif Pada e-Commerce Tiktok Shop Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Mirai Management, 7(3), 176–191. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i3.2492
Utama, B. P., Sastrodiharjo, I., & Mukti, A. H. (2023). Pengaruh Mekanisme Tata Kelola Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan: Studi Empiris pada Perusahaan Non-Consumer Cyclicals yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 4(4), 249–261. https://doi.org/10.35912/jakman.v4i4.2305
Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.