Pengaruh Diskon, Flash Sale, dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian pada Brand The Originote di Shopee (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v3i2.1203Keywords:
Diskon, Flash Sale, Live Shopping, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dan memahami pengaruh parsial dan simultan dari diskon, flash sale, dan live shopping terhadap keputusan pembelian pada brand The Originote di platform Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen The Originote di prodi manajemen Angkatan 2020 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya dengan sampel sebanyak 200 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier barganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskon, flash sale, dan live shopping secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada brand The Originote di platform Shopee.
Downloads
References
Arif, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. Sintesa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 111–122.
Baskara, I. B. (2018). Pengaruh Potongan Harga (Discount) Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). 87–96.
Devica, S. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. 47–56.
Dwi, D. M., Pradiani, T., & Rachmawati, I. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 8–19. https://doi.org/10.32815/jubis.v2i2.442
Marpaung, I. R., & Lubis, F. A. (2022). Pengaruh Iklan, Sistem COD, Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktokshop (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Sumatera Utara). Jmbi Unsrat (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(3), 1477– 1491. Https://Doi.Org/10.35794/Jmbi.V9i3.44292
Mindiasari, I. I., Priharsari, D., & Purnomo, W. (2023). Eksplorasi Pengaruh Teknologi Live Shopping Terhadap Minat Beli Pelanggan Dengan Systematic Literature Review. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 1039–1042. Https://J-Ptiik.Ub.Ac.Id/Index.Php/JPtiik/Article/View/12370
Nada, F., Ramadhayanti, A., & Masahere, U. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Live Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Pengguna Tiktok Shop. Jurnal Ekonomi Bisnis Antartika, 1(September 2021), 9–16.
Novirsari, E., & Tricom, S. (2019). Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Pt . Himalaya Drug Company. 12(2), 101–111.
Purnomo, R. A. (2016). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS (P. C. Ambarwati (ed.)). CV. WADE GROUP.
Purwanto, P., Husain, A., & Colledge, I. (2018). Teknik penyusunan instrumen uji validitas dan reliabilitas penelitian ekonomi syariah (Issue December).
Rahayu, D. W. S. (2019). Penerapan Diskon Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Matahari Departement Store Kediri Town Square. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(2), 42–51. Https://Doi.Org/10.35457/Akuntabilitas.V12i2.915
Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Flash Sale , Live Shopping , Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skintific Di Shopee ( Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya ). 2, 2740–2755.
Riska, C. F., Nabilah, L., F.N, J. L., & Kholipah, P. D. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(3), 363–368. Https://Doi.Org/10.59004/Jisma.V1i3.63
Saputri, S. I., Hakimah, E. N., & Sardanto, S. R. (2022). Pengaruh Flash Sale, Customer Review, dan Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri). Simposium Nasional Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 322–328.
Simanjutak, Owen De P. (2022). Pengaruh Flash Sale Promotion Dan Discount Terhadap Online Impulsive Buying (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Shopee Di Universitas Sari Mutiara Indonesia). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 9(2), 383–387
Sindunata, I., & Wahyudi, B. A. (2018). Pengaruh E-Wom (Electronic-Word-OfMouth) Terhadap Keputusan Pembelian Di Agoda.Com. 2010, 128–138
Suarna, I. F. (2022). Purchase Decision Pada Live Streaming Shopping Pengguna Media Sosial Tiktok Di. 16(2), 138–152.
Widiyanti, I. (2023). Pengaruh Diskon, Promosi Dan Penilaian Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Di Shopee. Skripsi, 1, 1–56.
Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 63–70. Https://Doi.Org/10.32528/Jmbi.V4i1.1716
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.