Analisis Dampak Pengaruh Keberadaan E-Commerce terhadap Pedagang Konvensional di Situbondo
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v3i1.1145Keywords:
E-Commerce, Konsumen, Pedagang KonvensionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis dampak pengaruh keberadaan e-commerce terhadap pedagang konvensional di Situbondo yang biasanya menjalankan bisnis mereka di toko oflline yang harus bersaing dengan pelaku bisnis e-commerce yang dapat menjangkau pasar yang lebih luas tanpa harus memiliki toko fisik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian observasi dan wawancara. Penelitian ini akan menggali sejauh mana perkembangan e-commerce telah mempengaruhi model bisnis pedagang konvensional, termasuk penurunan atau peningkatan dalam penjualan, perubahan dalam perilaku konsumen, dan strategi yang di adopsi oleh pedagang konvensional untuk tetap bersainng di era digital. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan serta gambaran yang lebih luas tentang transformasi bisnis dalam konteks global yang semakin terhubung dengan adanya digitalisasi.
Downloads
References
Fadli, M.R. (2021) ‘Memahami desain metode penelitian kualitatif’, Humanika, 21(1), pp. 33–54. Available at: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Hendarsyah, D. (2019) ‘E-Commerce Di Era Industri 4.0 Dan Society 5.0’, IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), pp. 171–184. Available at: https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170.
Irawati, R. and Irawan Budi Prasetyo (2021) ‘Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang)’, Jurnal Penelitian Manajemen Terapan , 6(2), pp. 114–133. Available at: https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/544.
Ismai (2020) ‘E-commerce dorong perekonomian Indonesia, selama pandemi covid 19 sebagai entrepreneur’, Jurnal Manajemen dan Bisnis (Jumanis) Prodi Kewirausahaan, 2(2), pp. 111–124.
Kompas.com (2023) Pengguna Internet di Indonesia Tembus 212,9 Juta di Awal 2023, Kompas.Com.
Pardede, G.E. and Sujanto, F. (2022) ‘Urgensi Penyeragaman Kebijakan Cod Pada Marketplace Indonesia Demi Mewujudkan Perlindungan Hukum’, Journal Economic & Business Law Review, 2(2), p. 73. Available at: https://doi.org/10.19184/jeblr.v2i2.26565.
Qodri, I.F. and Tesniyadi, D. (2022) ‘Analisis Strategi Pedagang Konvensional dalam era Modernisasi (Studi Kasus Pasar Royal Kota Serang)’, Alsys, 2(3), pp. 400–409. Available at: https://doi.org/10.58578/alsys.v2i3.385.
Rianti, N. (2019) ‘JOM FISIP Vol. 5: Edisi II Juli – Desember 2018 Page 1’, Jom Fisip, 6, pp. 1–15.
Sari, N. (2021) ‘Analisis Persepsi Kemudahan, Social Influence Dan Persepsi Keamanan Terhadap Minat Penggunaan Marketplace Oleh Umkm Di Jabodetabek’, Account, 8(1), pp. 1386–1397. Available at: https://doi.org/10.32722/acc.v8i1.3870.
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Zulkifli, A. (2023) Kabupaten Situbondo, 25 Maret 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.