THE INFLUENCE OF TRUST, CONVENIENCE AND RISK ON THE DECISION OF THE PEOPLE OF SOUTH BANJARMASIN TO USE THE SHOPEE PAYLATER PAYMENT METHOD ON THE SHOPEE MARKETPLACE
DOI:
https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.1002Keywords:
Convenience, Purchasing Decisions, Risk, Shopee Paylater, TrustAbstract
This research aims to analyze the influence of trust, convenience, and risk on the decision of the people of South Banjarmasin to use the Shopee Paylater payment method. This research is field research with a quantitative approach. The population in this research is the people of South Banjarmasin who have used the Shopee Paylater feature. The sample in this study consisted of 100 respondents. Data collection used a questionnaire with multiple linear regression analysis. The results of the F test show that trust, convenience, and risk simultaneously influence the decision of the people of South Banjarmasin to use Shopee Paylater payment method. This is different from the results of the T test, where only convenience has a partial effect on people’s decisions, while trust and risk do not have a partial effect on people’s decisions in using the Shopee Paylater payment method.
Downloads
References
Akbar, Rizqi. 2023. “Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Resiko Dan Promosi, terhadapKeputusanPenggunaan Shopee PaylaterDiSoloRaya.” September 2023.Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi.
Ariani. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan, Keamanan, Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Line Pay.” 2017.
Astria, Nikita, dan Rahma Wahdiniwaty. 2021. “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Kenyamanan Tehadap Intensitas Pembelian Ulang Melalui E-commerce.” 01.Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah.
Ayuningtiyas, Kartika, dan Hendra Gunawan. 2018. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas InformasiI Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di AplikasiI Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam.” Maret 2018 2.Journal of Applied Business Administration.
Dwiyanti, Erina. 2022. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjaman Online SPayLater (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus).”
Haqiqi, Fauzan, Rahma Dewi Susanti, dan Ferawati. 2020. “Analisis Pengaruh Pemberian Modal Kerja Dan Biaya Produksi Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil Menengah Di Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun (Tahun 2014 –2018).” 1.Jurnal Cafetaria.
Hariyati, Meri. 2023. “Pengaruh KeadaanKeuangan sertaPertumbuhanTerhadap Opini Audit Going Concern: Studi Empiris Perusahaan yang Terdaftar di BEI.” 1.Journal of Economics, Finance, and Social Science Review.
Indrawati, dan Nabila Ayu Shaina. 2021. “Analysis Of Factors That Determine Continuance Intention In Using Shopee Application During The Pandemic Covid-19.” November 2021 7.Journal Ilmiah Manajemen dan Bisnis.
Iskandar. 2019. “Hati-hati, Ini 5 Resiko Menggunakan Aplikasi Pay Later.” 2019.https://www.liputan6.com/tekno/read/4073236/hati-hati-ini-5-risiko-menggunakan-aplikasi-pay-later.
Lestari, Niken Ayu, dan Sri Setyo Iriani. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs MATAHARIMALL.COM.” 6. Jurnal Ilmu Manajemen.
Matondang, Zulaika, dan Hamni Fadillah Nasution. 2021. Praktik Analisis Data : Pengolahan Ekonometrika Dengan Eviews dan SPSS. 1 ed. Medan: CV Merdeka Kreasi Group.
Na’im, Ani, Puji Solikah, dan Raraswati Mawftiq. 2023. “Pengaruh Kemudahan Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Paylater Pada Marketplace Shopee Pada Mahasiswa IIQ An Nur Yogyakarta.” 2.Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam.
Noorridha, Arifia Firli, Fika Aulia, dan Nur Syifa. 2023. “Tinjauan Hukum PayLater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam.” 1.Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya.
Purbowo, Lidya Dw Astiti, Miftahul Jannah, Nurul Qomariyah, M. Halla Fawaid, dan M. Alex Aufa. 2023. “Keputusan Konsumen dalam Pembelian Produk Kosmetik Wardah.”Journal Ekonom Pedia.
Putri, Fanny Anggraeny, dan Sri Setyo Iriani. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Pinjaman Online Shopee Paylater.”Jurnal Ilmu Manajemen.
Satriawan, Lussy Putri, dan Asron Saputra. 2023. “Pengaruh Brand Image, Kreativitas Iklan dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Kaum Milenial Pengguna Shopee Di Kota Batam.”Dynamic Management Journal.
Siregar, Syofian. 2017. Metode penelitian kuantitatif : Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tampubolon, Rosa Julianti. 2022. “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Keamanan Terhadap Niat Menggunakan Dompet Digital Pada Masyarakat Kota Binjai”.”
Wardani, Dian Kusuma. 2020. Pengujian Hipotesis (Deskriptif, Komparatif Dan Asosiatif). 1 ed. LPPM Universitas KH. A Wahab Hasbullah.
Yuliza, Mai, dan Sinta Sila Yeneti. 2022. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online.” 4.Journal ofSocial and Economics Research.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL ECONOMINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.