PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ANIMAKER DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENGUKURAN SUDUT KELAS IV SD NEGERI 101981 GALANG
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i10.964Keywords:
Aplikasi Animaker, Media Pembelajaran, Problem Based Learning, Video InteraktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengembangkan media pembelajaran video interaktif berbantuan aplikasi animaker dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pengukuran sudut Kelas IV SD Negeri 101981 Galang (2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran video interaktif berbantuan aplikasi animaker dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pengukuran sudut Kelas IV SD Negeri 101981 Galang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and deveploment) dengan model ADDIE sampai tahap development(pengembangan) teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan instrumen untuk mengumpulkan data adalah angket. Hasil uji validitas yang diperoleh pada pengembangan video interaktif berbantuan aplikasi animaker dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning mempunyai kriteria hasil validasi ahli materi 80% (Layak) hasil validasi ahli media 77,5 % (Layak) hasil penilaian respon guru (uji coba penggunaan) 90% (Sangat Layak). Dengan demikian alat evaluasi hasil belajar yang dikembangkan dinyatakan Layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Asmara, D. N., et.all (2022). Pengembangan Media Pengembangan Video Animasi Berbasis Animaker Muatan Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8156-8170. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif/v4i6.3686
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Badri Munawar, ade Farid Hasyim,M. M.(2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada PAUD Di Kabupaten Pandeglang.04(2),310320.
Fajarwati, M. I. And Irianto,S. (2021) Pengembangan Media Animaker Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas Iv Sd Ump’, El-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), Pp. 1-11.
Fajina,R., & M. S.F.(2022). Pengaruh Penggunaan Media Animaker terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pelajaran IPS Sekolah Dasar.Jurnal BASICEDU, 6(4), 6630-6637. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3325
Gandamana, A., & Marisa.(2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 1 Bagai Mana Tubuh Mengolah Makanan Di Kelas 5 SD Negeri 10 Rantauprapat.ESJ,11(3),213-221.DOI: https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i3.29585
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekastual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
Jujun S. 2010. Ilmu dalam Perspektif. Jakarta: Gramedia
Leary, H. M. (2012). Self – Directed Learning in Problem –Based Learning Versus Traditional Lecture-Based Learning : A Meta – Analysis [Utah State University]. In All Graduate Theses and Dissertations.https://digitalcommons.usu.edu/etd/1173
Mashui, M.(2019). Media Pembelajaran Matematika.
Muhajir, F. F., Tajhjono,B. Munawar, B. 2022. Desain Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada Mata Kuliah Pendidikan TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi). JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi),5(2).
Munawar, B., Farid Hasyim, A., & Ma’arif, M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbantuan Aplikasi Animaker Pada Paud Di Kabupaten Pandeglang. Jurnal Golden Age, 4(02). 310-320. https://Doi.Org/10.29408/Jga.V4i02.2473
Mustasyrifah,I.S,.(2021). Media Pembelajaran Matematika. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=tp9CEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=media+pembelajaran+matematika&ots=0diDGUEjOa&sig=bvw9PI-xef1AlJv6Nk8R2wVLKfk&redir_esc=y#v=onepage&q=media%20pembelajaran%20matematika&f=false
Niswa, A. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Video Interaktif Bermedia Flash Kelas VIID SMP Negeri 1 Kedamean. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, Vol 1, No 1, 1-18.
O’Grady,G., & Yew, E.H.J. (2012). One-Day, One Problem at Republic Polythecnic. In G. O’Grady, E.H.J. Yew, K. P. L. Goh,& H. G. Schmidt (Eds.), One –Day, One –Problem: An Approach to Problem-Based Learning (pp. 3-19). Singapore: Spinger.
Oktavia, N., & Zainil, M. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Animaker Pada Topik Pecahan Senilai Di Kelas IV Sekolah. Journal of Basic Education Studies, 5(2).
Prastowo, Andi. (2014) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta :Prenadamedia Group.
Priyanto, D. (2009). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer. Insania, Vol 14, No 1, 1–13.
Pulungan, H., & Hasanah.(2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Animaker Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di Kelas IV SD. Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 22-25. DOI: https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v6i2.1130
Syamsidah & Suryani,H.(2018).Buku Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. http://eprints.unm.ac.id/9011/1/Buku%20Model%20Problem%20Based%20Learning_Watermark.pdf
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Ummah,S.K.(2021). Media Pembelajaran Matematika. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=HWIXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=media+pembelajaran+matematika&ots=R-oXPgsXw6&sig=0bR2Qf0lUpXqKPBe6BAQqr3vRBY&redir_esc=y#v=onepage&q=media%20pembelajaran%20matematika&f=false
Wardani,R.K & Syofyan.H. (2018). Pengembangan Video Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia.Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar,2(4), 371-381. URL: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/14567
Wawanda, Excel Juni, and Melva Zainal. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis QR Code untuk kemampuan berpikir Geometris Siswa Kelas IV SD. e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.7 (2020): 124-130
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.