IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742Keywords:
Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Kurikulum merdeka adalah suatu kebijakan program pembelajaran untuk mengembalikan sistem pendidikan nasional yang memberi kebebasan kepada sekolah, guru, murid dan seluruh sumber daya sekolah untuk berinovasi, bebas belajar secara mandiri dan kreatif, yang dapat dimulai melalui guru sebagai penggerak Pendidikan. Dalam pembelajaran berdiferensiasi, guru mengajarkan materi dengan memperhatikan tingkat kesiapan, minat, dan gaya belajar murid. Selama ini, guru cenderung menggunakan metode mengajar yang konvensional. Dimana pembelajaran yang dipakai adalah pendekatan yang berpusat pada guru bukan pembelajaran yang berpusat pada murid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa inggris di SMP. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Bahasa inggris sudah dilakukan dengan baik dengan memperhatikan empat komponen yaitu konten, proses, produk dan lingkungan belajar. Pada pelaksanaan nya mengalami beberapa kendala seperti kemampuan guru dan sarana prasarana. Adapun solusi yang diberikan adalah dengan adanya pengembangan kompetensi guru seperti mengadakan bimtek, sosialisasi dan diklat bagi guru. Selain itu, sekolah juga berupaya untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah.
Downloads
References
Alisha Thiessen, "Differentiated Physical Learning Environment," Master of Education Program Theses (2012), accessed 2/11/2022, https://digitalcollections.dordt.edu/med_theses/24
Harjali Harjali, "Strategi Guru Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Kondusif: Studi Fenomenologi Pada Kelas-Kelas Sekolah Menengah Pertama Di Ponorogo," strategi guru, lingkungan belajar yang kondusif, 2017 23, no. 1 (2017-12-15 2017), http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10147/4835. 26
“Implementasi” KBBI, diakses pada 15 Juni, 2023. http://kbbi.web.id/implementasi.html.
Khristiani, Heny, dkk. 2021. Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SMPN 20 Kota Tangerang Selatan. Jakarta: BSKAP Kemdikbudristek.
Magee, Monique & Elizabeth Breaux. 2010. How The Best Teachers Differentiate Intruction. New York: Routledge.
Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: anonym.
Purba, Mariati, dkk. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction), pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemdikbudristek.
Rowntree, Derek. 1995. Teaching throught Self-Instruction How to Develop open Learing materials. (revisi ed.). New York: Kogan Page London / Nicholas Publishing
Tomlinson, C. A, & Carol Ann. 1999. The Differentiated Classroom: Responding to the Needs off All Learners. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development
Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. 2013. Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.