ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Bengkel Mobil Eko Autocare di Sleman)
DOI:
https://doi.org/10.55681/armada.v1i3.425Keywords:
Harga, Kepuasan Pelanggan, Kualitas PelayananAbstract
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat. Hal ini juga dirasakan para pelaku bisnis di bidang jasa perbaikan mobil seperti pemilik-pemilik bengkel di Sleman. Bengkel mobil Eko Autocare adalah salah satu bengkel yang ada di Sleman saat ini. Bengkel mobil Eko Autocare harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggannya. Eko Autocare harus membuat beberapa perbaikan dan inovasi yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di bengkel mobil Eko Autocare Sleman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu para pelanggan bengkel mobil Eko Autocare Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dengan menyebar kepada 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, 2) Harga berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan 3) Lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan 4) Kualitas layanan, harga dan lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh koefisien masing-masing dari variabel kualitas layanan (0,029) , harga (0,000) dan lokasi (0,001), semua berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
Downloads
References
Fakhruddin, N. F. 2019. Pengaruh Lokasi Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Amsterdam, 2011
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2011
Griffin, Jill. Customer Loyalty How to Earn it, How to Keep it. Kentucky:Mc.Graw Hill. 2002
Griffin, Ricky W. Management. 11th Edition. South Western Cegage Learining. Ohio. 2013
Hawkins Best dan Coney. (2001). Customer Behavior : Building Marketing Strategy. 8 th. Edition. New York: McGraw-Hill
Helgesen, Oyvind. Are Loyal Customers Profitable? Customer Satisfaction, Customer (Action) Loyalty adn Customer Profitability at Indiviual Level. Jurnal of Marketing Management. Vol. 22. Issue 3-4. 2006
Ivan Muttaqin. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Asuransi Jasaraharja Putera Semarang, Skripsi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Diponegoro
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Kamus versi online/daring (dalam jaringan). https://kbbi.web.id/layan
Kotler, Philip and Amstrong, Gerry. Prinsiples of Marketing. Pearson Prentice Hall. Ney Jersey. 2011
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. Marketing Management. 14th Edition. Prentice Hall New Jersey, 2012
Kotler, Philip. Marketing Management Millenium Edition. Prentice Hall Boston. .2002
Kumar, V. The Missmanagement of Customer Loyalty. Harvard Business Review. Boston. 2000
Levy, Michael and Weitz Barton. Retailing Management 6th Edition. McGraw- Hill/Irwin. New York. 2007
Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. 2001
Megawati, Mahludin Baruwadi, A. M. 2016. Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada plaza amanda jaya kota gorontalo
Rangkuti, Freddy, 2004. Strategic Marketing Plan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan 13. Alfabeta. Bandung. 2011
Tjiptono, Fandy. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy Offset. Yogyakarta. 2008
Ratnaningtyas, E. M. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peningkatan Kunjungan Wisatawan yang Berdampak pada Pengembangan UMKM Implikasinya pada Penciptaan Lapangan Kerja dan Penerimaan Daerah DKI Jakarta. EBBANK, 10(1), 69-84
Ratnaningtyas, E. M. (2020). Dampak dan Strategi UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Menghadapi The “New Normal”. EBBANK, 11(1), 63-70.
Warman, W., & Ratnaningtyas, E. M. (2022). Principal Managerial Competencies: Implications for Vocational Secondary Education. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(1), 3853-3864.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.