Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis QR-Code Di SMA Swasta Muhammadiyah 01 Medan Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.998Keywords:
Absensi, Qr-code, Aplikasi WebAbstract
Kehadiran siswa merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan, demikian disampaikan oleh Kepala Sekolah SMAS Muhammadiyah 01 Medan. Rekapitulasi kehadiran saat ini dilakukan secara manual dan diperoleh di setiap akhir semester pada saat pembagian rapor. Pelaksanaan rekap data ini membuat interaksi antara guru dan orang tua terkait kehadiran siswa menjadi kurang rutin, sehingga permasalahan siswa terkadang terlambat ditangani. Selain untuk memantau keaktifan belajar siswa, kehadiran juga memiliki relasi yang dekat dengan nilai sekolah dan kemampuan pembelajaran. Menurut beberapa jurnal, kedekatan ini telah diteliti menggunakan berbagai metode Analisa data seperti product momen dan spearman correlation ratio. Untuk melakukan pencatatan terhadap kehadiran siswa, akan dibangun dan disusun sebuah sistem informasi kehadiran. Pencatatan kehadiran dilakukan dengan menggunakan pembaca qrcode yang akan membaca kartu siswa. Setiap siswa akan diberikan kartu yang dapat dicetak dari sistem dengan kode qr yang unik. Kode ini akan diterjemahkan ke dalam sistem saat siswa akan hadir/keluar dari sekolah. Dengan sistem informasi ini, maka data kehadiran siswa dapat tercatat dan terrekapitulasi dengan cepat bila dibandingkan dengan metode manual.
Downloads
References
Finlay, M. J., Simpson, T., & Tinnion, D. J. (2022). Association between attendance, online course activity time, and grades: Analysis of undergraduate sport science cohorts during the COVID-19 pandemic. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 434–465. doi:10.1016/j.jhlste.2022.100397
Friendly, F., Harizahayu, Prayudani, S., & Sembiring, Z. (2022, November). PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ALAT PEMBERI PAKAN OTOMATIS BERBASIS IOT PADA UMKM KAMPUNG TERNAK KECAMATAN LUBUK PAKAM KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 365–371. doi:10.55681/swarna.v1i3.143
Gottfried, M. A. (2010). Evaluating the Relationship Between Student Attendance and Achievement in Urban Elementary and Middle Schools: An Instrumental Variables Approach. American Educational Research Journal. doi:10.3102/0002831209350494
Harizahayu, Friendly, F., Prayudani, S., & Banjarnahor, W. S. (2022, November). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SOAL LATIHAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA SD YAYASAN PENDIDIKAN MULIA KECAMATAN MEDAN SELAYANG, SUMATERA UTARA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 341–347. doi:10.55681/swarna.v1i3.138
Kassarnig, V., Bjerre-Nielsen, A., Mones, E., Lehmann, S., & David. (2017). Class attendance, peer similarity, and academic performance in a large field study. PLOS ONE. doi:https://doi.org/10.1371/journal.pone.0187078
Zeptiani, N. W., & Sunarno. (2021, March). PENGARUH TINGKAT KEHADIRAN SISWA MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn. Jurnal Pendidikan Dewantara, 7, 62–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.