PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN LAGU UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DI SMP WAINGGAI
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.996Keywords:
Pembelajaran Bahasa Inggris, Lagu, Kosakata Bahasa InggrisAbstract
Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa asing wajib yang dipelajari di Indonesia di tingkat SMP dan SMA. Di tingkat SMP, tujuan pembelajaran Bahasa Inggris dalam Kurikulum Merdeka adalah mengembangkan kompetensi komunikatif dalam Bahasa Inggris dengan berbagai teks multimodal (lisan, tulisan visual, dan audiovisual). Penggunaan berbagai multimodal sebagai media pembelajara baik verbal dan visual sangat penting untuk menarik minat peserta didik untuk mempelajari bahasa. Karena itu, penggunaan audio berupa lagu untuk pembelajaran Bahasa Inggris sangat perlu untuk membawa peserta didik pada pengalaman belajar yang melibatkan native speaker maupun dilakukan menggunakan audio. Berdasarkan pengamatan dalam PKM sebelumnya, ditemukan bahwa peserta didik di SMP Negeri Wainggai masih belum terbiasa menggunakan kata-kata bahasa Inggris sederhana. Pengucapan bahasa Inggris masih kaku dan peserta didik sangat sulit untuk mengingat kosakata bahasa Inggris sederhana. Maka pelaksanaan PKM selanjutnya ini berfokus kepada bagaimana untuk membuat peserta didik terbiasa dengan menggunakan bahasa Inggris, yaitu dengan menggunakan lagu. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode tutorial dan praktik langsung, yaitu: 1) pemberian materi; 2) Pemberian pendampingan langsung; 3) Praktek langsung dan evaluasi; 4) Mengisi formular evaluasi Kegiatan PKM ini akan dilaksanakan di SMP Negeri Wainggai. Hasil PKM ini adalah: 1) Peserta didik mendapatkan materi berupa lagu dan kosakata bahasa Inggris, beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia; 2) Peserta didik mendapatkan pelatihan langsung berupa audio lagu yang dimainkan untuk membantu peserta didik belajar pengucapan yang benar, juga pendampingan langsung oleh tim PKM; 3) Peserta didik mengisi lembar kerja dan dievaluasi dievaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta didik mampu memahami kosakata bahasa Inggris melalui lagu.
Downloads
References
Chen, Y. 2010. Exploring Dialogic Engagement with Readers in Multimodal EFL Textbooks in China. Visual Communication.
Enda, R.R.H. (2023). Improving Students’ Vocabulary Mastery Using Songs (Classroom Action Research at English Class B of Information Technology Program in Wira Wacana Christian University Sumba). Journal on Education, 5(4), 15870-15885. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2707
Enda, R. R. H., Hariadi, F., & Rewa, K. A. (2023). Pelatihan Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Berbasis Local Activity Di Smp Negeri Wainggai. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 448–451. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.479
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Assesmen Pendidikan Nomor 008.
Winiarti, Sri. 2018. Pemanfaatan E-Learning dan Pelatihan Penggunaan Classroom. Laporan Pelatihan. UAD, Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.