MENUMBUHKAN SEJAK DINI MINAT BERWIRAUSAHA DARI SISI E-COMMERCE PADA MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.96Keywords:
Sosialisasi, Pelatihan Dan Pendampingan BerkelanjutanAbstract
Masa pandemic yang telah kita lewati beberapa tahun ini tidak hanya menimbulkan dampak negative namun juga dampak positif yang sama kuatnya pada segala bidang. Bentuk dampak positif yang paling terasa adalah adanya penerapan digitalisasi pada bidang pemasaran, peralihan budaya pemasaran saat ini telah didominasi oleh e-commerce. Disisi lain para mahasiswa yang seyogianya berada pada kelompok potensial sudah seharusnya mampu memanfaatkan momen ini untuk mengembangkan kreativitas yang membangkitkan inovasi, minimal sebagai langkah awal sebagai upaya untuk turut andil dalam mengembangkan minat berwirausaha. Tujuan abdimas ini adalah sebagai upaya untuk mendorong munculnya rintisan minat berwirausaha dikalangan mahasiswa. Metode abdimas ini adalah sosialisasi secara daring yang diikuti oleh mahasiswa. Hasil abdimas ini menunjukkan adanya gagasan baru dari 2 (dua) sisi, yang pertama adalah gagasan untuk memperbaharui kurikulum terkait matakuliah kewirausahaan ditingkat fakultas, dan yang kedua adalah meningkatkan kerjasama terkait pendanaan lunak yang memberikan keuntungungan bagi 2 (dua) belah pihak.
Downloads
References
Ardiansyah, tedy. (2020). Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan
UMKM Di Indonesia. Jurnal USAHA, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.30998/JUUK.V1I1.286
Arwiedya, M. R., & Sugiarto, S. (2011). Analisis Pengaruh Harga,Jenis Media
Promosi,Resiko Kinerja, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia).
Burgess, S., Sellitto, C., Cox, C., & Buultjens, J. (n.d.). User-Generated Content (Ugc) In Tourism: Benefits And Concerns Of Online Consumers. Digital and Social Media Marketing : A Results-Driven Approach. (2016). Digital and Social Media Marketing. https://doi.org/10.4324/9781315688763
Georgiev, D. (2021). Content Marketing Statistics & Facts in 2020 [Infographic].
Liu, E., & Sukmariningsih, R. M. (2021). Membangun Model Basis Penggunaan
Teknologi Digital Bagi Umkm Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ius Constituendum, 6(1), 213–234. https://doi.org/10.26623/JIC.V6I1.3191
Mulyani, H. S., Sudirno, D., Kholiq, A., & Nahdi, D. S. (2020). Kemandirian Desa
Melawan Covid-19 Secara Ekonomi Berbasis Potensi Desa. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 481–490. https://doi.org/10.31949/JB.V1I4.491