MENUMBUHKAN SEJAK DINI MINAT BERWIRAUSAHA DARI SISI E-COMMERCE PADA MAHASISWA

Authors

  • Sonny Santosa Universitas Buddhi Dharma
  • Elizabeth Universitas Budi Luhur
  • Rini Novianti Universitas Buddhi Dharma
  • Vandi Dwi Putra Universitas Buddhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.96

Keywords:

Sosialisasi, Pelatihan Dan Pendampingan Berkelanjutan

Abstract

Masa pandemic yang telah kita lewati beberapa tahun ini tidak hanya menimbulkan dampak negative namun juga dampak positif yang sama kuatnya pada segala bidang. Bentuk dampak positif yang paling terasa adalah adanya penerapan digitalisasi pada bidang pemasaran, peralihan budaya pemasaran saat ini telah didominasi oleh e-commerce. Disisi lain para mahasiswa yang seyogianya berada pada kelompok potensial sudah seharusnya mampu memanfaatkan momen ini untuk mengembangkan kreativitas yang membangkitkan inovasi, minimal sebagai langkah awal sebagai upaya untuk turut andil dalam mengembangkan minat berwirausaha.  Tujuan abdimas ini adalah sebagai upaya untuk mendorong munculnya rintisan minat berwirausaha dikalangan mahasiswa. Metode abdimas ini adalah sosialisasi secara daring yang diikuti oleh mahasiswa. Hasil abdimas ini menunjukkan adanya gagasan baru dari 2 (dua) sisi, yang pertama adalah gagasan untuk memperbaharui kurikulum terkait matakuliah kewirausahaan ditingkat fakultas, dan yang kedua adalah meningkatkan kerjasama terkait pendanaan lunak yang memberikan keuntungungan bagi 2 (dua) belah pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, tedy. (2020). Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan

UMKM Di Indonesia. Jurnal USAHA, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.30998/JUUK.V1I1.286

Arwiedya, M. R., & Sugiarto, S. (2011). Analisis Pengaruh Harga,Jenis Media

Promosi,Resiko Kinerja, Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Via Internet Pada Toko Online (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak sebagai Reseller yang ada di Indonesia).

Burgess, S., Sellitto, C., Cox, C., & Buultjens, J. (n.d.). User-Generated Content (Ugc) In Tourism: Benefits And Concerns Of Online Consumers. Digital and Social Media Marketing : A Results-Driven Approach. (2016). Digital and Social Media Marketing. https://doi.org/10.4324/9781315688763

Georgiev, D. (2021). Content Marketing Statistics & Facts in 2020 [Infographic].

Liu, E., & Sukmariningsih, R. M. (2021). Membangun Model Basis Penggunaan

Teknologi Digital Bagi Umkm Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ius Constituendum, 6(1), 213–234. https://doi.org/10.26623/JIC.V6I1.3191

Mulyani, H. S., Sudirno, D., Kholiq, A., & Nahdi, D. S. (2020). Kemandirian Desa

Melawan Covid-19 Secara Ekonomi Berbasis Potensi Desa. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 481–490. https://doi.org/10.31949/JB.V1I4.491

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Santosa, S., Elizabeth, Rini Novianti, & Vandi Dwi Putra. (2022). MENUMBUHKAN SEJAK DINI MINAT BERWIRAUSAHA DARI SISI E-COMMERCE PADA MAHASISWA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 191–194. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.96