PENINGKATAN KETERAMPILAN PETERNAK DALAM PEMBUATAN PAKAN DAN PENGELOLAAN ITIK PEDAGING BERBASIS WEBSITE DI KELOMPOK TANI TERNAK ROJO KOYO BERKAH

Authors

  • Anang Widigdyo AKN Putra Sang Fajar Blitar
  • Muhammad Mujono AKN Putra Sang Fajar Blitar
  • Aditya Wiraantoro Putra AKN Putra Sang Fajar Blitar

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i10.955

Keywords:

Teknologi Informasi, Itik Pedaging, Keterampilan Peternak, Pakan Alternatif

Abstract

Obyek sasaran dalam kegiatan PKM ini adalah peternak itik pedaging yang tergabung dalam Kelompok Tani Ternak Rojo Koyo Berkah di Dusun Kedungrejo, Salamrejo, Binangun Blitar. Pola pemeliharaan itik pedaging di Kelompok Tani Rojo Koyo Berkah masih tergantung dengan beberapa industri peternakan besar pengadaan pakan dan obat ternak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya pakan alternatif yang menggunakan bahan baku murah tetapi mempunyai nilai nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan itik pedaging. Penggunaan limbah hasil olahan pertanian seperti tepung kentuki, bungkil kelapa, tepung maggot BSF dapat menekan biaya produksi pakan ternak. Beberapa limbah yang digunakan dalam pembuatan pakan ternak itik adalah bungkil kepala, tepung kentukcy, dan tepung maggot BSF.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gustiani, E., Fahmi, T. 2022. Peran Sektor Peternakan Mendukung Ketahanan Pangan di Era New Normal Melalui Penerapan Teknologi Reproduksi Pada Sapi Potong Di Kabupaten Majalengka. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Agrobisnis VI. Vol 6 (1) : 70-76.

Https://www.medion.co.id/efisien-dan-efektif-dengan-data-recording/ (di akses tanggal 31 Maret 2023).

Lembong, J.F., Santa, N. M., Makalew, A., Elly, F. H. 2015. AnalisisBreak Event Point Usaha Itik Pedaging (Studi Kasus Pada Usaha Itik Kelompok Masawang di Desa Talikuran Kecamatan Rambokan. Zootec. 35(2): 39 – 46.

Rizal, S., dkk. 2021. Pembuatan Tepung Kentukcy Untuk Menumbuhkan Ekonomi di Tengan Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusi. 5(3): 1-6.

Sholahudin, Sulistya, A., Wijayanti, R., Supriyadi, Subagiya. 2021. Potensi Maggot (Black Soldier Fly) Sebagai Pakan Ternak di Desa Miri Kecamatan Kismantoro Wonogiri. PRIMA: Journal Of Community Empowering and Service. 5(2): 161-167.

Zamora, AF, MR Calapardo, KP Rosario, ES Luis dan IF Dalmacio. 1989. Peningkatan kualitas bungkil kopra untuk digunakan dalam pakan ternak. Prok. Lokakarya FAO/UNDP tentang bioteknologi dalam produksi dan kesehatan hewan di Asia dan Amerika Latin, hlm: 312-320.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Widigdyo, A., Mujono, M., & Putra, A. W. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN PETERNAK DALAM PEMBUATAN PAKAN DAN PENGELOLAAN ITIK PEDAGING BERBASIS WEBSITE DI KELOMPOK TANI TERNAK ROJO KOYO BERKAH. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10), 1076–1082. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i10.955