PSIKOEDUKASI UNTUK MENGHINDARI TERJADINYA PENINGKATAN PELECEHAN SEKSUAL YANG TERJADI DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Charlayne Elizabeth Noleen Hamdali Universitas Atmajaya Makassar
  • Kelly Dalwin Universitas Atma Jaya Makassar
  • Ria Sakinah Waji Universitas Atma Jaya Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i10.952

Keywords:

Remaja, Pelecehan Seksual, Psikoedukasi, Psikologi

Abstract

Pelecehan seksual merupakan masalah serius di Indonesia. Pada beberapa tahun terakhir, kasus pelecehan seksual semakin meningkat. Tidak sedikit pelaku dan korban merupakan anak remaja. Berdasarkan hal itu, maka dilakukan PKM berupa Psikoedukasi pada salah satu SMA swasta di kota Makassar. Pemaparan materi yang diberikan berupa pendidikan seks berisi pencegahan dan jenis-jenis pelecehan seksual serta akibat yang ditimbulkan. Target luaran kami yaitu peserta mampu memahami dan mengetahui jenis-jenis pelecehan seksual serta dapat menerapkan pencegahan perilaku pelecehan seksual. Target yang ingin dicapai secara luas yaitu mengurangi tingkat pelecehan seksual yang terjadi di Indonesia terutama di lingkungan sekolah. Kegiatan PKM dilakukan pada Kamis, 23 Juli 2023 pukul 07.30-08.50 WITA. Sebelum melakukan psikoedukasi, maka terlebih dahulu diberikan pre-test untuk melihat sejauh mana pengetahuan siswa menegenai pelecehan seksual dan akan diberikan post-test setelah dilakukan psikoedukasi untuk melihat apakah ada pengaruh dari psikoedukasi yang telah dilaksanakan. Keberhasilan psikoedukasi yang dilaksanakan ditentukan dari adanya perbedaan skor antara pre-test dan post-test yang telah dilaksanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eryani, S. (2019). Pencegahan Pelecehan Seksual Pada Anak Melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi. Mitra Raflesia (Journal of Health Science), 11(2).

Purwanti, S. H. (2017). Kekerasan pada Anak & Wanita. Jakarta: Rayyan Komunikasindo.

Sulistiyowati, A., dkk. (2018). Psikoedukasi seks untuk mencegah pelecehan seksual pada anak prasekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 17-27.

Tan, W.,dkk. (September, 2022). Pencegahan pelecehan seksual di lingkungan sekolah. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 4, No. 1, pp. 362-366).

Downloads

Published

2023-10-26

How to Cite

Hamdali, C. E. N., Dalwin, K., & Waji, R. S. (2023). PSIKOEDUKASI UNTUK MENGHINDARI TERJADINYA PENINGKATAN PELECEHAN SEKSUAL YANG TERJADI DI LINGKUNGAN SEKOLAH. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(10), 1083–1085. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i10.952