PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MAUBOKUL MELALUI KKN TEMATIK UNKRISWINA SUMBA DIBIDANG PENDIDIKAN DAN PETERNAKAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.95Keywords:
Wirausaha, Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Sektor Peternakan dan Sektor PendidikanAbstract
Abstract: Tujuan Kegiatan Pemberdayaan masyarakat melalui pelaksanaan KKN Tematik “Desa Wirausaha Terintergrasi, merupakan upaya untuk meningkatkan potensi Desa di wilayah Kabupaten Sumba Timur. Universitas Kristen Wira Wacana Sumba melakukan program KKN 2022 yang merupakan aktivitas berbasis pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan empati Mahasiswa terhadap kondisi masyarakat dan lingkungannya. KKN UNKRISWINA Sumba dilakukan di 50 Desa yang tersebar di Pulau Sumba. Salah satunya di Desa Maubokul, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur. Pelaksanaan KKN ini dimulai dari tanggal 02, Juli 2022 sampai dengan 02, Agustus 2022 ada beberapa Program kerja KKN di Desa Maubokul yang lebih difokuskan dibidang Peternakan, Pendidikan dan program tambahan lainnya yang dikembangkan melalui potensi Desa. Program Kerja KKN mahasiswa di Desa Maubokul sebagai program unggulan yaitu : Pembuatan pakan ternak silase, Bimbingan belajar menggunakan metode tipe STAD, PBM di SDN UMAJAWA menggunakan metode pembelajaran tipe STAD, Kemudian pembuatan Plang Pengenal Dusun, RW, RT serta pembuatan Tugu Tapal Batas Desa, penggalian gagasan tingkat dusun, pembuatan bedeng sayur, pembuatan kandang kambing bantuan, pembuatan baliho APBDesa, merupakan program kerja tambahan.
Downloads
References
Mita, Rosaliza. 2015. “Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi Dalam Penelitian Kualitatif.” Jurnal Ilmu Budaya 11(2):71–79.
Pengantar, Kata. 2021. “DESA MAUBOKUL KECAMATAN PANDAWAI.”
Prasetyo, Tri Budi. 2019. “Pembuatan Pakan Ternak Fermentasi (Silase).” SWADAYA: Indonesian Journal of Community Empowerment 1(1):48–54.
Sumarni, Ela titi&, and M. Mansurdin. 2020. “Model Kooperative Learning Tipe STAD Pada Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4:1309–19.
Syamsudin, Amir. 2015. “Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) Untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 3(1).