PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEKERJA MIGRAN MELALUI PRODUK OLAHAN JAGUNG DI LAMONGAN

Authors

  • Dina Novita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Anita Roosmawarni Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Bahrul Ulum Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.92

Keywords:

Repacking, Remarketing

Abstract

Salah satu kekayaan hasil pertanian di Jawa Timur adalah jagung, yang berada di Desa Payaman Solokuro Lamongan. Sebagian besar warganya bekerja sebagai tenaga kerja di negara lain (migran), namun berbekal pengetahuan dan pengalamannya mereka menginginkan adanya kemandirian dalam mengelola hasil pertanian jagung.

Inovasi dan kreativitas dilakukan dengan memproduksi bahan dasar jagung sebagai makanan ringan dalam bentuk kembang goyang dan stik jagung. Terdapat kendala dalam penjualannya, dimana produk tersebut hanya dikenal dilingkungan desa saja dan produksi dilakukan hanya berdasarkan pesanan. Kegiatan pengabdian masyarakat memberikan pemahaman tentang melakukan pengemasan yang baik dan strategi pemasaran secara modern yaitu serba digitalisasi dan media sosial lainnya.

Melakukan repacking dan remarkerting menjadi cara untuk mengembangkan produk untuk sampai kepada sasaran konsumen yang lebih luas dari sebelumnya. Dengan pengemasan yang menarik membuat konsumen berminat untuk membelinya, serta didukung oleh cara penjualan yang mudah diketahui oleh banyak orang. Dimana cara yang mudah dalam pengenalan produk adalah dengan menggunakan media sosial, dikarenakan masyarakat lebih mudah mengenal secara digitalisasi. Penjualan memberikan dampak kenaikan yang signifikan terhadap produk olahan makanan dengan bahan dasar jagung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abid, M. (2021). Belajar Memulai Binis Umkm (35th ed.). Insan Cendekia Mandiri.

Arif Putra. (2019). https://www.sehatq.com/artikel/beragam-manfaat-jagung-untuk-kesehatan.

Arya, V., Sethi, D., & Paul, J. (2019). Does digital footprint act as a digital asset? – Enhancing brand experience through remarketing. International Journal of Information Management, 49(March), 142–156. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.03.013

Novita, D. (2022). Peran Merek dan Packing dalam Penjualan Keripik Pisang Kekinian di Surabaya. Jurnal ADIPATI: Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi, 01(01).

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Novita, D., Roosmawarni, A., & Ulum, B. (2022). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEKERJA MIGRAN MELALUI PRODUK OLAHAN JAGUNG DI LAMONGAN. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 166–170. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.92