SOSIALISASI EKONOMI KREATIF BERBASIS DIGITAL: STRATEGI PROMOSI PRODUK LOKAL BAGI KOMUNITAS KREATIF BANJARBARU

Authors

  • Rizki Apriliyanti Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
  • Risa Dwi Ayuni Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
  • Ade Nur Atika Sari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
  • Lieta Dwi Novianti Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
  • Decky Kuncoro Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.643

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Fotografi Produk, Digital, Komunitas Kreatif, Promosi, Produk Lokal

Abstract

Bangkitnya ekonomi Indonesia pasca pandemic COVID-19 tidak secara otomatis menjadikan penjualan produk berbasis kearifan lokal di pasaran meningkat. Selain karena jumlah permintaan yang rendah, minat untuk membeli produk lokal dari konsumen juga sedikit. Pemanfaatan teknologi informasi dan media sosial menjadi peluang dalam mempromosikan produk lokal kepada masyarakat yang lebih luas. Salah satu hambatan yang dihadapi oleh Komunitas kreatif ini yaitu belum memahami dan mengetahui pengambilan foto dan video yang menarik untuk promosi produk mereka. Sosialisasi ekonomi kreatif ini menjadi salah satu upaya untuk mengenalkan strategi promosi produk lokal dengan pembuatan konten berbasis foto dan video. Komunitas yang menjadi mitra pengabdian ini adalah Komunitas Wanita Kreatif (KWK) yang ada di kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan sebanyak 35 orang dengan menyebarkan kuesioner kepada komunitas untuk mengetahui tingkatan pengetahuan mereka tentang ekonomi kreatif berbasis digital. strategi promosi produk, dan fotografi produk. Hasil yang dicapai dari pengabdian ini, komunitas mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang strategi promosi produk seperti penguatan keunggulan dari produk yang dijual, menggunakan sosial media untuk menjangkau pasar yang lebih luas, serta target pasar yang jelas. Selain itu teknik fotografi produk berupaya untuk mendukung promosi produk melalui sosial media seperti mengutamakan komposisi dan pencahayaan yang benar, sehingga hasil foto dan video yang dihasilkan berkualitas tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kreatif, K. (2022). Kemenparekraf. Retrieved 02 14, 2023, from Kemenparekraf.go.id: https://katakreatif.kemenparekraf.go.id/country/kota-banjar-baru

Kotler, P. and Keller, Kevin L. (2016). Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Mistriani, N. T. (2021). Pelatihan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi Informasi Bagi Karang Taruna, UMK Masyarakat Lokal dalam Strategi Pemasaran "Cikaso Creative". Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 505-516.

Romadhon, M. &. Rusmana, DSA. (2017). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Prosiding Seminar (pp. 85-90). Sidoarjo: OJS UMSIDA.

Rusdana, NR., Choironi, SJ., Friska, AS. (2022). Digital Marketing Communication Strategy for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Bussiness Competition. International Journal of Research and Applied Technology, 163-168

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Apriliyanti, R., Ayuni, R. D., Sari, A. N. A., Novianti, L. D., & Kuncoro, D. (2023). SOSIALISASI EKONOMI KREATIF BERBASIS DIGITAL: STRATEGI PROMOSI PRODUK LOKAL BAGI KOMUNITAS KREATIF BANJARBARU. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 693–700. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.643