PENDAMPINGAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI BENTUK DUKUNGAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.563Keywords:
Kampus Mengajar, Merdeka Belajar, PendampinganAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk membantu para guru-guru, dan sekolah dalam membelajarkan literasi numerasi serta pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu bentuk pelaksanaan pengabdian yang dilaksanakan adalah dengan pendampingan pada program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu Program dari delapan program unggulan yang ditawarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Pendampingan yang dimaksud disini adalah mendampingi mahasiswa yang telah lulus seleksi pada program mengajar di sekolah angkatan pertama. Istilah lainnya dari pendampingan ini adalah sebagai Dosen Pendamping Lapangan program Kampus Mengajar. Dosen membimbing 7 mahasiswa dari beberapa kampus yang tersebar di Medan dan ditempatkan di sekolah SD Negeri 067343. Pendampingan ini memiliki dampak langsung yang didapat baik dari pihak sekolah termasuk guru, siswa, kepala sekolah dan tentunya mahasiswa. Bagi siswa diharapkan makin memahami dan mengerti numerasi dan literasi. Bagi guru, menambah pengetahuan terkait teknologi dan bagi mahasiswa menambah pengalaman dalam mengajar di sekolah dan bagaimana berkolaborasi dengan guru.
Downloads
References
DIKTI. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Edisi ke-1. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud.
Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
http://fe.um.ac.id/2021/02/17/panduan-program-kampus-mengajar-angkatan-1-tahun-2021, diakses pada 14 Juni 2021 Pukul 14.00.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
S, Rostina. 2018. Media dan Alat Peraga dalam Pembe lajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.