PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN SISTEM LAYANAN BIMBINGAN GRATIS BAGI SISWA SD NEGERI 091299 SIPOLDAS KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Osco Parmonangan Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ronald Hasibuan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sotarduga Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Belsasar Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Apriani Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • David Berthony Manalu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.54

Keywords:

Tematik, Sistem Layanan, Bimbingan Gratis

Abstract

Pembelajaran tematik dengan system layanan bimbingan belajar gratis merupakan salah satu upaya percepatan program percepatan pendidikan di desa tertinggal agar tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Pelatihan Pembelajaran Tematik ini dilakukan oleh  tim pengabdi dari Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar bersama mahasiswa dengan sistem layanan bimbingan gratis di tingkat SD yang berlokasi di SD Negeri 091299 Sipoldas Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui permasalahan terkait pembelajaran setelah masa pandemi covid-19 dan dampaknya jika program pembelajaran tematik dengan system layanan bimbingan belajar gratis dilaksanakan. Dari hasil kegiatan pelatihan  ini diketahui antusiasme siswa sangat menyenangkan karena mendapatkan layanan bimbingan belajar gratis yang belum pernah mereka nikmati sebelumnya. Kegiatan ini mengembangkan motivasi siswa di sekolah. Harapan terbesar para siswa dan guru-guru dan pimpinan di sekolah tersebut adalah agar program kegiatan ini dapat berkelanjutan sehingga dapat membantu para peserta didik secara khusus yang berada dalam wilayah desa tertinggal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2006). Layanan bimbingan belajar sebagai upaya peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 34-48.

Andayani, N.S., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Penerapan layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan prestasi belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar pada kelas X-4 SMA negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Prayitno. (1997). Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi.

Prayitno & Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sijabat, O. P., & Sihombing, L. N. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Partisipatif Teknik Nominal Group Di SD Negeri No. 122358 Pematangsiantar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1002–1018.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, M. P. (2019). “Bimbingan Belajar,” J. Chem. Inf. Model.

Sukardi, D.K. (2013). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sunaryo Kartadinata, dkk. (1998). Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung: Depdikbud

Suprapto. (2006). Peningkatan kualitas pendidikan melalui media pembelajaran menggunakan teknologi informasi di sekolah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 3(1), 34-41.

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Sijabat, O. P., Ronald Hasibuan, Sotarduga Sihombing, Belsasar Sihombing, Apriani Sijabat, & David Berthony Manalu. (2022). PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN SISTEM LAYANAN BIMBINGAN GRATIS BAGI SISWA SD NEGERI 091299 SIPOLDAS KABUPATEN SIMALUNGUN. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 31–37. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.54