OPTIMALISASI IT DALAM ERA LITERISASI DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.263Keywords:
Literasi Digital, Etika, Budaya, Keterampilan, KeamananAbstract
Kemampuan literasi digital merupakan hal yang paling krusial dalam mewujudkan transformasi digital. Masyarakat Indonesia Khususnya dikalangan anak Melenial tidak boleh hanya sekedar mengenal teknologi, tapi juga harus cermat menggunakannya. Optimalisasi pengunaan teknologi informasi di era literasi digital sangat dibutuh kemampuan mengakses, menganalisis, menciptakan, dan berkomunikasi informasi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) diharapkan dapat memfasilitasi dan semakin mendorong terwujudnya masyarakat digital Indonesia. Terutama dikalangan Khususnya Pelajar Di SMA Sabilul Huda Sungai Empat. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan sharing. Program ini sendiri memiliki empat pilar mendasar yaitu Etika Digital, Budaya Digital, Keterampilan Digital, dan Keamanan Digital. Etika digital berarti kemampuan individu dalam menyadari, menyesuaikan diri dan menerapkan etika digital atau netiquet dalam saat berselancar di dunia digital. Budaya digital merupakan hasil kreasi dan karya manusia yang berbasis teknologi internet. Keterampilan digital berarti kemampuan untuk secara efektif, mengevaluasi dan membuat informasi dengan menggunakan berbagai teknologi digital. Terakhir keamanan digital adalah aktivitas mengamankan kegiatan digital.
Downloads
References
Afriyanti, L., & Junaidi, K. (2022). … Pengenalan Literasi Digital untuk Pengembangan Santripreneur Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren: Digital Literacy Accompanied For …. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan …, 495–500. https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/215%0Ahttps://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/download/215/184
Apriyanto, M., Novitasari, R., Mardesci, H., & Rianto, B. (2021). Pemafaatan Limbah Cair Pengolahan Sagu Menjadi Nata De Sago. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1234–1242.
Pakidulan, U. S., Setiawan, T., Susetyo, D. P., & Pranajaya, E. (2021). Edukasi Literasi Digital: Pendampingan Transformasi Digital Pelaku UMKM Sukabumi Pakidulan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(7), 1599–1606.
Prasetyo, D. Y., Yunita, F., Bindas, A., Samsudin, S., & Muni, A. (2021). Social Media Marketing Di Masa Pandemi. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 979–988. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2828
Rianto, B., Ridha, M. R., & Alsa, I. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pjok Di Sma N 1 Tembilahan. Jurnal Tekno Kompak, 16(1), 175. https://doi.org/10.33365/jtk.v16i1.1373
Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333
Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420