PENYULUHAN DAN PELATIHAN PRODUKSI PADA USAHA MASYARAKAT DI DESA KOTO MASJID KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Sri Indrastuti Dosen Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Zulkifli Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Abidzar Al Ghifari Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Dian Putri Kriswayuni Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Hendra Dermawan Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.231

Keywords:

Produksi, Ikan Patin, Pelatihan dan Efisiensi

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan ini adalah untuk memanfaatkan ikan patin menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan berdaya saing, untuk mengurangi kejenuhan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan patin (produk segar dan ikan asap), untuk meningkatkan pendapatan keluarga sebagai usaha matapencaharian alternatif masyarakat, dan mengembangkan produk menjadi produk unggulan daerah yang berbasis ikan patin. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dengan cara penyuluhan dan pelatihan dengan  topik menigkatkan efisiensi biaya produksi pada usaha masyarakat di desa koto masjid kecamatan XIII koto Kampar.  Ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian masyarakat di Desa koto masjid kecamatan XIII koto Kampar adalah: pertama. Dimilikinya ilmu dan teknologi tentang teknologi pascapanen ikan patin dengan menerapkan teknologi sederhana dan tepat guna bagi masyarakat untuk diversifikasi produk ikan patin seperti nugget dan samosa ikan. Kedua. Diproduksinya jenis olahan/diversifikasi dari ikan patin dalam bentuk pangan yang layak jual (komersial) Ketiga. Meningkatkan pendapatan dan sekaligus kesejahteraan anggota Kelompok Tani dan pascapanen ikan patin karena telah dapat menambah produksi olahan untuk meningkatkan jangkauan pemasaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Y. (2008). Budidaya Ikan Nila. Sleman: Deepublish.

Amalia, R. Amrullah dan Suriati. (2018). Manajemen Pemberian Pakan Pada Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Anugrah, P. (2017). eFishery: pemberi pakan ikan otomatis buatan Indonesia diperkenalkan ke Asia. https://www.bbc.com/indonesia/majalah39362374.amp.

Aquarista, F., Iskandar, U. Subhan. (2012). Pemberian probiotik dengan carrier zeolite pada pembesaran ikan lele dumbo (Clarias gariepinus).

Hasan, dkk. (2020). Budidaya Ikan Nila Pada Kolam Tanah. Maspul Journal of Community Empowerment. 1 (2). 24-33.

Haser, T.F., Setiawan, A. dan Sary, I. R. (2012). Pengaruh Jumlah Pemberian Pakan Terhadap Pertumbuhan Benih Ikan Nila Merah. Bandung: Universitas Padjajaran [Online]. Tersedia: http://fpik.unpad.ac.id/archives/23 91.

Kementerian Pertanian. (2019). Direktori Perkembangan Konsumsi Pangan. Badan Ketahanan Pangan.

Khan, M.A., dan Salah, K. (2018). IoT Security: Review, Blockchain, Solutions, and open Challenges. Future Gener Comput Syst. 82. 395-411. Doi: 10.1016/j.future.2017.11.022.

Sabri A, Marlina L. 2015. Potensi Prosesi Balimau Kasai Sebagai Atraksi Wisata Budaya Dalam

Melestarikan Adat dan Budaya di Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Jurnal Ilmu Manajemen (Daya Saing). Vol 1 (136-145).

Saparinto, C. (2008). Panduan Lengkap Gurami. Jakarta: Swadaya.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Indrastuti, S., Zulkifli, Z., Ghifari, A. A., Kriswayuni, D. P., & Dermawan, H. (2022). PENYULUHAN DAN PELATIHAN PRODUKSI PADA USAHA MASYARAKAT DI DESA KOTO MASJID KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 547–552. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.231