ANALISIS KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS DAN KELELAHAN KERJA MENGGUNAKAN METODE NBM DAN IFRC PADA INDUSTRI SANDAL UD. SATRIA SIDOARJO

Authors

  • Arfian Kurnia Akbar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Cherry Indira Cahyani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Fadli Firmansyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Friska Ayu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.202

Keywords:

Penyakit Akibat Kerja, Gangguan Musculoskeletal Disorder, Kelelahan Kerja

Abstract

Dalam dunia Keselamatan dan Kesehatan kerja ada dua tipe industri yang harus menerapkan program keselamatan dan Kesehatan kerja yaitu industri formal dan informal, namun masih banyak dari industri informal yang sampai saat ini belum menerapkan program keselamatan dan Kesehatan kerja hal ini disebabkan kurangna pengetahuan dari pemilik industri maupun pekerja industri tersebut. Dalam penerapan program keselamatan dan Kesehatan kerja  kami telah melakukan survei – analisis data pada industri informal dan hasil data yang kami dapatkan menunjukkan adanya keluhan nyeri punggung musculoskeletal disorder dan kelelahan kerja yang di alami pekerja industri, tujuan kami membuat program keselamatan dan Kesehatan kerja untuk menumbuhkan budaya keselamatan dan Kesehatan kerja kepada pekerja maupun pemilik industri bahwa keselamatan dan Kesehatan kerja sangat penting untuk diteraokan pada industri informal, dalam menjalankan program keselamatan dan Kesehatan kerja dan mengedukasi pencegahan penyakit akibat kerja musculoskeletal disorder dan kelelahan kerja kami juga menjalankan dua metode menggunakan Nordic body map dan industrial fatique research committee untuk mendapatkan data apa saja yang menjadi penyebab keluhan tersebut dirasakan atau beban kerja mana yang menjadikan keluhan tersebut muncul. Dari program yang telah kami buat pekerja dan pemilik usaha sangat berterimakasih bahwa dengan apa yang kami sampaikan mereka sadar pentingnya menerapkan keselamatan dan Kesehatan kerja di industri informal dan mereka juga tau bagaimana cara mengatasi pencegahan penyakit akibat kerja musculoskeletal disorder dan kelelahan kerja. Kami berharap program ini untuk selalu di terapkan oleh pemilik industri dan di jalankan pekerja industri untuk mengurangi keluhan yang selama ini mereka rasakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, dkk. 2017. Hubungan Masa Kerja, Posisi Kerja dan Indeks Massa Tubuh Dengan Kejadian Low Back Pain Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat. Universitas Muhammadiyah Semarang: Semarang.

Atmaja, Endow, B.T. 2020. Analisis Nordic Body Map Terhadap Proses Pekerjaan Penjemuran Kopi Oleh Petani Kopi. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), Volume 3, No. 1. E-ISSN : 2614-8382. Institut Teknologi Nasional Malang.

Ayu, F & Ratriwardhani, R, A. 2018. Sosialisasi Teknik Mengurangi Nyeri Tulang Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Pengemudi Bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) Di Terminal Bungurasih. In Community Development Jurnal.

Ayu, F & Ratriwardhani, R, A. 2021. Relationship of Work Position With Complaints Of Musculosleletal Disorders (MSDs) In Cracker Industrial Worker At Kedungdoro Village, Sidoarjo, In IOP Conferense Series: Earth and Environmental Science (Vol. 747, No. 1, P.02105). IOP Publishing.

Azis, Asti Hardianti. (2018). Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Otot Skeletal (Musculoskeletal Disorders) Pada Pekerja Bongkar Muat Di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar Tahun 2018. SKRIPSI. Makassar.Universitas Hasanuddin.

Budhiman, M. 2015. Analisis Penilaian Tingkat Resiko ergonomic Pada Pekerja Konstruksi Proyek Ruko Graha depok Tahun 2015. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Defriyan, D. 2013. Faktor-faktor yang berhubungan dengan keluhan nyeri punggung bawah.

Handayani, Wita. 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders PT. Sirya Toto Indonesia, Tbk. Tangerang Tahun 2012. Skripsi. Jakarta. FKIK UIN Syarif Hidayatullah.

Tarwaka. 2015. Ergonomi Industri Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Wicaksono, Bagus. 2012. Faktor yang berhubungan dengan gangguan nyeri punggung bawah pada bidan saat menolong proses persalinan di RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Skripsi. Universitas Airlangga. Surabaya.

Atmaja, Endow, B.T. 2020. Analisis Nordic Body Map Terhadap Proses Pekerjaan Penjemuran Kopi Oleh Petani Kopi. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), Volume 3, No. 1. E-ISSN: 2614-8382. Institut Teknologi Nasional Malang.

Dewi, Nur. 2020. Identifikasi Risiko Ergonomi dengan Metode Nordic Body Map terhadap Perawat Poli RS X. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Volume 2, No. 2. P – ISSN : 2622 – 1764, E-ISSN : 2622 – 1152. Universitas Indonesia.

Hutabarat, Yulianus. (2017). Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi. Malang: Media Nusa Creative

Peraturan Pemerintah Nomor 88 Tahun 2019. Tentang Kesehatan Kerja.

Wresni A. 2012. Analisis Postur Kerja Dengan Menggunakan Metode Ovako Working Analysis System (OWAS) Pada Stasiun Pengepakan Bandela Karpet. UIN SUSKA Riau. Vol. 10, 2012.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Akbar, A. K., Cahyani, C. I., Firmansyah, F., & Ayu, F. (2022). ANALISIS KELUHAN MUSCULOSKELETAL DISORDERS DAN KELELAHAN KERJA MENGGUNAKAN METODE NBM DAN IFRC PADA INDUSTRI SANDAL UD. SATRIA SIDOARJO . SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 502–509. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.202