Rancang Bangun Program Psikoedukasi dan Pertolongan Pertama Psikologis (Psychological First Aid) Berbasis Digital sebagai Bentuk Pengabdian di Lingkungan Kampus
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v4i6.1764Keywords:
Kesehatan Mental Mahasiswa, Literasi Kesehatan Mental, Pertolongan Pertama Psikologis (PFA), Platform Digital Kampus, DestigmatisasiAbstract
Lingkungan perguruan tinggi menghadapi tantangan serius terkait kesehatan mental mahasiswa dan sivitas akademika, diperparah oleh tekanan akademik dan transisi sosial. Upaya dukungan seringkali terhambat oleh stigma, akses terbatas, dan kurangnya pemahaman tentang pertolongan pertama pada krisis psikologis. Menjawab isu krusial ini, artikel konseptual ini mengusulkan sebuah rancang bangun program pengabdian masyarakat bernama "LENTERA KAMPUS". Ini adalah model terintegrasi berbasis digital yang dirancang untuk secara proaktif meningkatkan literasi kesehatan mental dan membangun sistem dukungan yang responsif di kampus. Rancang bangun "LENTERA KAMPUS" terdiri dari empat komponen utama yang saling bersinergi. Pertama, platform digital (microsite) yang berfungsi sebagai pusat informasi psikoedukasi kredibel, menyediakan artikel, video, dan alat asesmen mandiri mengenai stres, kecemasan, dan depresi. Kedua, pengembangan modul pelatihan online "Pertolongan Pertama Psikologis" (PFA) tersertifikasi bagi dosen wali, staf, dan pimpinan organisasi mahasiswa, fokus pada prinsip Look, Listen, and Link untuk intervensi dini. Ketiga, perancangan alur rujukan (referral pathway) sistematis dan rahasia dari platform digital ke layanan konseling profesional universitas. Keempat, strategi kampanye destigmatisasi komprehensif dengan tagar #KampusPeduliJiwa untuk menormalisasi percakapan dan mendorong pencarian bantuan. Artikel ini diharapkan menjadi panduan holistik bagi perguruan tinggi dalam mengembangkan sistem dukungan kesehatan mental yang efektif, terukur, dan berbasis teknologi, guna menciptakan ekosistem belajar yang lebih sehat dan suportif.
Downloads
References
Andersson, G., & Titov, N. (2014). Advantages and limitations of Internet-based interventions for common mental disorders. World Psychiatry, 13(1), 4-11.
Auerbach, R. P., Mortier, P., Bruffaerts, R., Alonso, J., Benjet, C., Cuijpers, P., ... & Kessler, R. C. (2018). WHO World Mental Health Surveys International College Student Project: Prevalence and distribution of mental disorders. Journal of Abnormal Psychology, 127(7), 623–638.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-Learning and the Science of Instruction: Proven
Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning. Wiley.
Corrigan, P. W. (2004). How stigma interferes with mental health care. American
Psychologist, 59(7), 614–625.
Eisenberg, D., Gollust, S. E., Golberstein, E., & Hefner, J. L. (2007). Prevalence and
correlates of depression, anxiety, and suicidality among university students. American
Journal of Orthopsychiatry, 77(4), 534–542.
Hollis, C., Morriss, R., Martin, J., Amani, S., Cotton, R., Denis, M., & Lewis, S. (2017).
Technological innovations in mental healthcare: harnessing the digital revolution.
The British Journal of Psychiatry, 211(4), 189-190.
Hunt, J., & Eisenberg, D. (2010). Mental health problems and help-seeking behavior
among college students. Journal of Adolescent Health, 46(1), 3-10.
Johns Hopkins University. (n.d.). Psychological First Aid (PFA). Coursera. [Merujuk pada
kursus online yang menjadi model pelatihan PFA yang diakui secara luas]. Jonassen, D. H., Tessmer, M., & Hannum, W. H. (1999). Task Analysis Methods for
Instructional Design. Routledge.
Kelly, C. M., Jorm, A. F., & Wright, A. (2007). Improving mental health literacy as a
strategy to facilitate early intervention for mental disorders. Medical Journal of
Australia, 187(S7), S26-S30.
Krug, S. (2013). Don't Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability.
New Riders.
Lal, S., & Adair, C. E. (2014). E-mental health: a rapid review of the literature. Psychiatric
Services, 65(1), 24-32.
Lipson, S. K., Lattie, E. G., & Eisenberg, D. (2019). Increased rates of mental health
service utilization by U.S. college students: 10-year population-level trends (2007-
. Psychiatric Services, 70(1), 60-63.
Morrison, G. R., Ross, S. M., Kalman, H. K., & Kemp, J. E. (2012). Designing Effective
Instruction. John Wiley & Sons.
Rickwood, D. J., Deane, F. P., Wilson, C. J., & Ciarrochi, J. (2005). Young people’s help-
seeking for mental health problems. Australian e-Journal for the Advancement of Mental
Health, 4(3), 218-251.
Rossett, A. (1987). Training Needs Assessment. Educational Technology Publications.
Smith, P. L., & Ragan, T. J. (2005). Instructional Design. John Wiley & Sons.
Thornicroft, G., Mehta, N., Clement, S., & et al. (2016). Evidence for effective interventions to reduce mental-health-related stigma and discrimination. The Lancet,
(10023), 1123-1132.
World Health Organization. (2011). Psychological first aid: Guide for field workers. WHO.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Didin Pratama, Amikratunnisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








