Model Manajemen Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs): Kerangka PRISMA SDGs untuk Optimalisasi Peran LPPM dalam Pembangunan Berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v4i6.1762Keywords:
Pengabdian kepada masyarakat, SDGs, LPPM, Manajemen strategis, PRISMA SDGs, Pembangunan berkelanjutanAbstract
Perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) melalui tridharma, khususnya dharma ketiga yaitu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Namun, praktik PkM di Indonesia masih menghadapi berbagai kendala, di antaranya sifat kegiatan yang sporadis, minimnya koordinasi antarunit, serta lemahnya sistem pelaporan dan evaluasi yang berorientasi pada dampak. Kondisi ini menyebabkan kontribusi riil perguruan tinggi terhadap pembangunan berkelanjutan sering kali tidak terukur dan kurang diakui.Artikel ini menawarkan model konseptual PRISMA SDGs (Perencanaan Relevan, Implementasi, Supervisi, Monitoring, dan Asesmen Dampak) sebagai kerangka manajerial untuk memperkuat tata kelola program PkM berbasis SDGs. Model ini dirancang untuk membantu Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mengintegrasikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan ke dalam seluruh tahapan pengelolaan PkM, mulai dari perencanaan strategis hingga evaluasi dampak.Pendekatan PRISMA SDGs menekankan pentingnya keselarasan antara tujuan program dengan indikator SDGs, pelibatan pemangku kepentingan secara kolaboratif, serta pengukuran dampak sosial melalui indikator kuantitatif dan kualitatif yang terstandar. Dengan penerapan model ini, diharapkan PkM dapat bertransformasi dari aktivitas administratif menjadi instrumen strategis universitas dalam menciptakan perubahan sosial yang terukur dan berkelanjutan. Model ini juga memperkuat posisi LPPM sebagai pusat koordinasi, inovasi, dan akuntabilitas institusional dalam mendukung pencapaian SDGs di tingkat lokal maupun nasional.
Downloads
References
Astuti, W., & Fathurokhman, I. (2021). Tantangan manajemen program pengabdian kepada masyarakat di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 112–123.
Bamberger, M., Rugh, J., & Mabry, L. (2016). RealWorld evaluation: Working under budget, time, data, and political constraints (3rd ed.). SAGE Publications.
Bebbington, J., & Unerman, J. (2018). Achieving the United Nations Sustainable Development Goals: An enabling role for accounting research. Accounting, Auditing & Accountability Journal, 31(1), 2–24.
Becker, C., Ringle, C. M., Sarstedt, M., & Völckner, F. (2019). How collinearity affects mixture regression results. Marketing Letters, 30(3), 415–430. https://doi.org/10.1007/s11002-019-09498-2
Bryson, J. M. (2018). Strategic planning for public and nonprofit organizations: A guide to strengthening and sustaining organizational achievement (5th ed.). Jossey-Bass.
Funnell, S. C., & Rogers, P. J. (2011). Purposeful program theory: Effective use of theories of change and logic models. Jossey-Bass.
Global Reporting Initiative (GRI). (2021). GRI Standards 2021: Universal Standards. GRI. https://www.globalreporting.org
Head, B. W. (2019). Forty years of wicked problems literature: Forging closer links to policy studies. Policy and Society, 38(2), 180–197. https://doi.org/10.1080/14494035.2018.1488797
Knowlton, L. W., & Phillips, C. C. (2012). The logic model guidebook: Better strategies for great results (2nd ed.). SAGE Publications.
Leal Filho, W., Azeiteiro, U., Alves, F., Pace, P., Mifsud, M., Brandli, L., & Caeiro, S. (2018). Reorienting curriculum to address sustainability. In Handbook of Sustainability Science and Research (pp. 1–18). Springer.
Lozano, R., Barreiro-Gen, M., Lozano, F. J., & Sammalisto, K. (2021). Teaching sustainability in European higher education institutions. Sustainability, 13(3), 1232. https://doi.org/10.3390/su13031232
McLaughlin, J. A., & Jordan, G. B. (2015). Using logic models. In J. S. Wholey, H. P. Hatry, & K. E. Newcomer (Eds.), Handbook of practical program evaluation (4th ed., pp. 62–87). Jossey-Bass.
Mertens, D. M., & Wilson, A. T. (2018). Program evaluation theory and practice: A comprehensive guide (2nd ed.). Guilford Press.
Sachs, J. D. (2012). From millennium development goals to sustainable development goals. The Lancet, 379(9832), 2206–2211.
Shephard, K., & United Nations Economic Commission for Europe (UNECE). (2022). Sustainability and higher education: A UNECE perspective on education for sustainable development. UNECE Publishing.
Stacey, R. D., & Mowles, C. (2016). Strategic management and organisational dynamics: The challenge of complexity to ways of thinking about organisations (7th ed.). Pearson Education.
Susamto, A., & Setiawan, B. (2019). Model peningkatan dampak program pengabdian kepada masyarakat melalui sinergi lintas disiplin. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 8(3), 178–186.
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. UNESCO Publishing.
United Nations. (2020). The Sustainable Development Goals Report 2020. United Nations. https://unstats.un.org/sdgs/report/2020/
Wiek, A., Bernstein, M. J., Foley, R. W., Cohen, M., Forrest, N., Kuzdas, C., Kay, B., & Keeler, L. W. (2016). Operationalising competencies in higher education for sustainable development. International Journal of Sustainability in Higher Education, 17(6), 795–820. https://doi.org/10.1108/IJSHE-09-2015-0171
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Harun Rasyid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.








