Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) untuk Peningkatan Efektivitas Pembelajaran dan Penulisan Karya Ilmiah: Studi Kasus pada Mahasiswa Baru

Authors

  • Irhas Universitas Bumigora
  • Yorman Universitas Bumigora
  • Sri Astuti Iriyani Universitas Bumigora

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v4i1.1721

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Literasi Digital, Pembelajaran, Karya Ilmiah

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan efektivitas pembelajaran mahasiswa baru Fakultas Pendidikan Universitas Bumigora melalui pengenalan dan pemanfaatan teknologi Kecerdasan Buatan (AI). Di era digital saat ini, pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan AI menjadi sangat krusial, terutama bagi mahasiswa yang dituntut untuk melakukan riset dan menyusun karya ilmiah secara efisien. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pelatihan intensif dan pendampingan individual yang mencakup pengenalan dasar AI, praktik penggunaan AI untuk mencari referensi, menyusun kerangka tulisan, serta mengecek tata bahasa. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa baru dari Fakultas Pendidikan. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman yang signifikan mengenai potensi AI sebagai alat bantu akademik, dengan rata-rata peningkatan skor pre-test dan post-test sebesar 40%. Mahasiswa melaporkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri dalam melakukan tugas-tugas penulisan dan riset setelah mengikuti program ini. Partisipasi aktif peserta juga menunjukkan tingginya antusiasme mereka terhadap inovasi pembelajaran. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi model bagi program serupa di masa depan untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F., & Setiawan, R. (2022). Peran Dosen dalam Mendorong Literasi Digital dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 255-266.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.

Hariyanto, B. (2024). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Mars, 2(1), 235-240.

Herawati, H., & Nurohman, S. (2021). Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 224-236.

Huda, N., Nugroho, A., & Widiastuti, R. (2024). Studi Penggunaan Generative AI pada Mahasiswa Baru dengan Metode UTAUT: Studi Kasus di Perguruan Tinggi. Jurnal Amikom Surakarta, 10(2), 112-120.

Pratiwi, N. K., & Pritanova, N. (2017). Literasi Digital dalam Pembelajaran: Analisis Komponen dan Dimensi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 154-165.

Putri, S. R. R., Supriadi, S. U. H., & Chusni, M. M. (2022). Peran Artificial Intelligence dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 615-630.

Sabri, I. (2019). Konsep Society 5.0 dalam Konteks Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(1), 1-10.

Saputri, V. A. M., & Manggalani, R. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perilaku Pencarian Informasi di Kalangan Mahasiswa. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 3(4), 229-236.

Sari, N., Wijaya, A., & Susanto, H. (2023). Pemanfaatan AI untuk Meningkatkan Efisiensi Penelitian pada Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(2), 180-192.

Setiawan, B., Pradita, D., & Ningsih, R. (2024). Pengaruh Kecerdasan Buatan (AI) Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Center, 3(1), 21-32.

Susilo, E. (2023). Kesiapan Dosen dalam Mengintegrasikan Kecerdasan Buatan untuk Pengajaran Menulis Teks Akademik. Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo Madura, 9(1), 50-65.

UGM. (2023). Menulis Ilmiah Menggunakan Platform AI Berpotensi Kena Plagiarisme. Berita UGM. Diakses pada 10 September 2025, dari https://ugm.ac.id/id/berita/23557-menulis-ilmiah-menggunakan-platform-ai-berpotensi-kena-plagiarisme/.

Wahyudi, S., Hartono, M., & Fitriani, D. (2023). Literasi AI pada Mahasiswa Pendidikan: Kebutuhan di Era Teknologi. Jurnal Pendidikan Seroja, 2(1), 1-8.

Zawacki-Richter, O., Maram, S., & Bente, R. (2022). Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Transformatif, 12(3), 45-60.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Irhas, I., Yorman, Y., & Iriyani, S. A. (2025). Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) untuk Peningkatan Efektivitas Pembelajaran dan Penulisan Karya Ilmiah: Studi Kasus pada Mahasiswa Baru. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 718–722. https://doi.org/10.55681/swarna.v4i1.1721