In House Training: Peningkatan Kemampuan Guru Tahfizh SD-IT dengan Metode Ummi di Kecamatan Seberida

Authors

  • Nurwahid Ihsanudin Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAI Nurulfalah Airmolek

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i6.1336

Keywords:

Tahfizh, Metode Ummi

Abstract

Al-Qura’an adalah Kalam Alloh yang mengandung mukjizat yang diturukan kepada Nabi Muhammad di nilai ibadah bagi yang membancanya yang di mulai dari surat al-Fatihah dan di akhiri surat an-Nas. Dalam membaca Al-Qur’an harus sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dan makharijul huruf. Untuk itu proses pembelajaran membaca Al-Qur’an diperlukan sebuah metode yang tepat sehingga sesuai kaidah dan membaca dengan baik dan benar. Maka upaya dan langkah nyata dalam bentuk pelatihan sebagai wujud kegiatan pengabdian perlu dilakukan sehingga kompetensi guru Tahfizh dapat ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi khususnya dalam pembelajaran Tahfizh adalah kegiatan in house training metode Ummi bagi guru Tahfizh Sekolah Islam Terpadu. Secara umum peserta mengemukakan bahwa kegiatan pelatihan ini memberikan pemahaman baru kepada para guru Tahfizh khususnya dalam metode dan penilaian Tahfizh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afdal. (2016). Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016. Vol. 1 (1), 1-9. http://www.academia.edu, diakses, 22 Maret 2020

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Kalam Mulia

Arindawati, A. E., & Huda, H. (2004). Beberapa Alternatif Pembelajaran di Sekolah Dasar. Malang: Banyu Publishing

Asy’ari ABA. (1987). Pelajaran Tajwid. Surabaya: Apollo Lestari

Baharudin & Wahyuni, E. N. (2012). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Halim, A. (2002). Al-Qur’an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pers

Sudjono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafiti Persada

Syarifudin, A. Mendidik Anak Mambaca, Menulis dan Mencintai Al- Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press

Umar, B. (2012). Hadis Tarbawi: Pendidikan dalam Perspektif Hadis. Jakarta: Amzah

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Ihsanudin, N. (2024). In House Training: Peningkatan Kemampuan Guru Tahfizh SD-IT dengan Metode Ummi di Kecamatan Seberida. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(6), 437–444. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i6.1336