PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MARKETPLACE MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI UNTUK RUMAH TAHFIDZ “ISMAIL”

Authors

  • Hendri Setyawan Universitas Islam Sultan Agung
  • Chrisna Suhendi Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.133

Keywords:

Marketplace, Kemandirian Ekonomi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini memiliki sasaran Rumah Tahfidz “ISMAIL” yang memiliki tujuan mulia yakni mendidik generasi muda agar tidak sekedar menghafalkan Al Quran namun juga memiliki adab dan akhlaq yang mulia. Lembaga Pendidikan tersebut menggratiskan biaya pendidikan namun memiliki permasaalahan dalam keberlanjutan operasional terkait pendanaan. Berdasarkan kajian teoritis alternatif yang dipilih oleh tim pengabdian masyarakat adalah mengoptimalkan upaya penggalangan dana lewat perdagangan dengan memanfaatkan platform marketplace “tokopedia”. Adapun upaya pendampingan dilaksanakan melalui pelatihan singkat disertai tutorial praktis, dan dilanjutkan dengan follow up/evaluasi kegiatan. Diharapkan dari pengabdian masyarakat ini terjawab soulsi permasalahan pendanaan Rumah tahfidz ISMAIL. Selain itu tercipta pula kemandirian ekonomi stakeholder dari Lembaga tersebut, yang juga mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat misalnya orang tua/wali murid Rumah tahfidz ISMAIL.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriandi and Putri, K. N. (2020) ‘Kompetensi Generasi Z Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Perguruan Tinggi Di Makassar)’, Journal of Management & Business, 3(3), pp. 184–200.

Astuti, E. Z. L. (2019) ‘Gerakan Literasi Digital: Studi Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Sistem Informasi Potensi Kreatif Desa di Kulonprogo’, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 3(2). doi: 10.14421/jpm.2019.032-05.

Awali, H. (2020) ‘Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19’, BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), pp. 1–14. doi: 10.35905/balanca.v2i1.1342.

Julian R.K. Wichmann, Abhinav Uppal, Amalesh Sharma, Marnik G. Dekimpe. (2022) A global perspective on the marketing mix across time and space, International Journal of Research in Marketing, Volume 39, Issue 2, Pages 502-521, ISSN 0167-8116, https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2021.09.001.(https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0167811621000665)

Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M. and Kholifah, N. (2020) ‘Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z’, Warta LPM, 23(1), pp. 54–62. doi: 10.23917/warta.v23i1.9106.

Perdamaian, P. D. J., Puspita, A. and Frida, N. (2020) ‘Analisis Strategi Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan dan Pertumbuhan COVID-19 di Indonesia’, Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi dan Keuangan, 2(2), pp. 84–94. doi: 10.52005/aktiva.v2i3.61.

Pramudita, B. A. et al. (2022) ‘Pemanfaatan marketplace tokopedia untuk pengembangan usaha dalam meningkatkan perekonomian di tengah dampak pandemi covid-19’, Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), p. 80. doi: 10.33474/jipemas.v5i1.11694.

Rastati, R. (2018) ‘Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta’, Jurnal Kwangsan, 6(1), p. 43. doi: 10.31800/jurnalkwangsan.v6i1.72.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Setyawan, H., & Suhendi, C. (2022). PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MARKETPLACE MENUJU KEMANDIRIAN EKONOMI UNTUK RUMAH TAHFIDZ “ISMAIL” . SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 305–310. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.133