Penyuluhan dan Penyegaran Wanita Usia Subur (WUS) Tentang Metode Kontrasepsi dan Pelayanan KB Gra di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Pisang Baru Kabupaten Way Kanan

Authors

  • Leni Fertina Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Univeristas Aisyah Pringsewu
  • Fitriani Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Univeristas Aisyah Pringsewu
  • Marlinawati Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Univeristas Aisyah Pringsewu
  • Neti Sundari Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Univeristas Aisyah Pringsewu
  • Yety Dwi Fara Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Univeristas Aisyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1223

Keywords:

Penyuluhan, KB, Wanita Usia Subur (WUS)

Abstract

Pelayanan Kontrasepsi dan KB menjadi sangat esensial karena menjadi bagian dari kesehatan reproduksi dan upaya-upaya pemenuhan hak-hak reproduksi perempuan. Dimana keluarga berencana merupakan pilar utama dari Safe Motherhood, oleh karena itu Keluarga Berencana bersama kesehatan reproduksi tetap menjadi parameter dalam sustainable Development Goals (SDG’S) WHO dan salah satu poin penting untuk mencapai hal tersebut yaitu diperlukan peningkatan kualitas pelayanan kontrasepsi dan KB. Masyarakat harus mengikuti program KB karena sebagian besar aktivitasnya dilakukan di rumah. Penyuluhan tentang penggunaan KB di masa sekarang sangat dibutuhkan untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan dan mengurangi ledakan penduduk akibat penambahan angka kehamilan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi Wanita Usia Subur (WUS) mengenai cara penggunaan kontrasepsi. Peserta juga diharapkan memiliki kemampuan untuk memilih metode kontrasepsi yang cocok dan sesuai dengan kondisi mereka saat ini. Target dan luaran dari pengabdian ini adalah bertambahnya wawasan para Wasangan Usia Subur (WUS) mengenai penggunaan KB. Luaran yang diharapkan adanya publikasi. Pendekatan yang dilakukan metode partisipatif dengan melakukan pendekatan terhadap tokoh masyarakat untuk mendapat perizinan dan dukungan dalam menggerakan remaja diwilayah binaan. Dalam penyuluhan juga menggunakan media seperti video edukasi dan poster.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BKBBN. Penggunaan KB Meningkat, Baby Boom Dapat Dicegah.2020. Available at: :///C:/Users/abdil/Downloads/Penggunaan KB Meningkat, Baby Boom Dapat Dicegah.html.

BKKBN (2021). PUS bukan peserta KB dan unmet need menurut tahapan KS per wilayah. Tersedia di: http://aplikasi.bkkbn.go.id/mdk/MDKReports.

BKKBN. 2021. Profil Hasil Pendataan Keluarga Tahun 2013. Direktorat Pelaporan dan Statistik. BKKBN. Jakarta.

Melati, P, Ritna,U, Bayu Purnama, A, Nita, R. (2022). Faktor yan mempengaruhi pemilihan metode Kontrasepsi pada Wanita Usia Subur. ISSN 2541-5980 PSSN:2337-8212. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan.

Sulistyawati, A. 2013. Pelayanan Keluarga Berencana. Jakarta: Salemba Medika.

Suprayitno. 2011. Wanita Usia Subur. www.dr.suparyanto.co.id2011/10/wanita-usia subur-wus.html

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Fertina, L., Fitriani, F., Marlinawati, M., Sundari, N., & Fara, Y. D. (2024). Penyuluhan dan Penyegaran Wanita Usia Subur (WUS) Tentang Metode Kontrasepsi dan Pelayanan KB Gra di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Pisang Baru Kabupaten Way Kanan. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 248–251. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1223