Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak PAUD Dalam Peningkatan Kompetensi Coaching Kepala Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1210Keywords:
Tirta, Kalibrasi, Kolaborasi, CoacheeAbstract
Pembinaan sekolah penggerak oleh pengawas sekolah adalah kewajiban yang harus dilakukan untuk dapat menjalankan progam sekolah penggerak dengan baik. Namun pengimplementasikan konsep kurikulum Merdeka terkadang terdapat permasalahan yang mengharuskan kepala sekolah untuk menyelesaikan dengan sumber daya sekolah yang dimilikinya. Hal ini tentunya memerlukan pembinaan dari pengawas sekolah sehingga diharapkan kehadiran pengawas sekolah tersebut merupakan Pembina yang mampu memberdayakan kepala sekolah untuk mengoptimalkan kemampuannya. Oleh karenanya, dilakukan pengabdian untuk mendampingi pengawas sekolah agar lebih meningkatkan kemampuannya dalam memberdayakan kepala sekolah melalui kegiatan coaching. Tahapan pengabdian dilakukan dalam tiga langkah yaitu, persiapan, pelaksanaan, dan rencana tindak lanjut. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kompetensi pengawas telah menunjukkan kemampuan dalam mendengarkan secara aktif, mengajukan pertanyaan yang berbobot, dan memberdayakan kepala sekolah. pun demikian pengalaman kepemimpinan seorang kepala sekolah Di samping itu, pengawas sekolah telah mampu melakukan coaching dengan berbagai metode yaitu alur TIRTA, kalibrasi, maupun refleksi.
Downloads
References
Hastuti, E. R. M. (2020). Program Mentoring Kepala Sekolah Dasar Era Merdeka Belajar. PEMBELAJARAN KOLABORATIF MATEMATIKA BERBASIS LESSON STUDY DI SMP : Mewujudkan Siswa Mandiri Dan Bermartabat, Sutama, 5(3), 161–171.
Majid, A. (2018). Penerapan Coaching untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah dalam supervisi akademik pada SMP Binaan Dinas Pendidikan kota Banjarmasin. Lentera: Jurnal Pendidikan, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.33654/jpl.v13i1.336
Nofitri, F. (2023). Penerapan Coaching Model Alur Tirta Oleh Kepala Sekolah Dalam Mensupervisi Guru Di Sekolah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1209–1221.
Rindarti, E. (2021). Implementasi Coaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Kepala Madrasah Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. Indonesian Journal of Educational Development, 2 Nomor 3(November), 401–415. https://doi.org/10.5281/zenodo.5680948
Ritonga, R., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2023). Pendampingan Pengawas Sekolah Penggerak Untuk Meningkatkan Kompetensi Dalam Melaksanakan Kegiatan Coaching. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(2), 1–12.
Sugito, S. (2018). Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Melaksanakan Supervisi Akademik Melalui Kegiatan Coaching (Pembimbingan) Dengan Pola in-on-in-on Pada Dabin 1 Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2014/201. JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 1(1), 45–58. https://doi.org/10.26877/jp3.v1i1.2197
Tanggulungan, L., & Sihotang, H. (2023). Coaching Model Tirta dalam Supervisi Akademik : Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. 7, 31399–31407.
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Coaching Dalam Supervisi Guru Dan Tenaga Kependidikan. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.
Tri Astari. (2022). Refleksi Coaching Pengawas Sekolah Dasar. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 01(02), 240–247. https://journals.eduped.org/index.php/income/article/view/97
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.