PELATIHAN MENULIS CERITA RAKYAT BERBAHASA INGGRIS UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA

Authors

  • Emma Bazergan Unversitas Muslim Indonesia
  • Kasma Amin Unversitas Muslim Indonesia
  • Nurtaqwa Amin Unversitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.121

Keywords:

Keterampilan Menulis, Cerita Rakyat, Pendidikan Karakter, Bahasa Inggris

Abstract

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk penguatan pendidikan karakter siswa melalui keterampilan menulis berbahasa Inggris. Permasalahan yang dihadapi guru dalam penguatan pendidikan karakter adalah rendahnya pengetahuan tentang menulis cerita lokal yang dapat dijadikan sarana dalam pendidikan karakter. Kegiatan ini juga bertujuan menanamkan nilai-nilai yang terdapat dalam cerita rakyat. Penguatan karakter lainnya melalui keterampilan menulis bagi siswa dengan menggunakan bahasa Inggris. Diakhir pelatihan diharapkan siswa dapat terampil menulis cerita rakyat berbahasa Inggris dan juga memahami karakter yang ada dalam cerita rakyat. Metode pelaksanaan yaitu pelatihan dan pengenalan cerita rakyat dengan teknik bermain sambung kata yang mengandung nila-nilai karakter bangsa. Tahap selanjutnya adalah melatih siswa menulis cerita rakyat menggunakan bahasa Inggris. Pelatihan ini melibatkan siswa sebanyak 25 orang sebagai perwakilan siswa kelas dua dan guru sebanyak tiga orang. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) melalui literasi menulis cerita rakyat menunjukkan tentang  peningkatan kemampuan  bercerita dan menulis cerita rakyat berbahasa Inggris bagi siswa di Sekolah Menengah Atas (SMAN) 13 Pucak Maros. Melalui pelatihan menulis juga siswa mendapatkan pengetahuan tentang berbagai jenis karakter dalam tokoh cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, dkk. 2020 Pengembangan Keterampilan Menulis Dengan Menggunakan Media Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Anita T. dkk. 2019. Buku Panduan Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Berbasis Nasionalisme Dan Implikasinya Terhadap Implementasi Revolusi Mental.Penerbit Deepublish.

Evi Chamala. dkk.2020. Bahan Ajar Membaca Cerita Rakyat Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Budaya Literasi Kritis bagi Mahasiswa Islam Sultan Agung. Jurnal Metafora. Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Vol. 6 no. 1

Erwin Saputra, dkk. 2021 Nilai kesederhanaan Abdul Rozak Fachruddin sebagai Tauladan Generasi Z dan Post Gen Z. Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Vol. 1 No. 2

Misbahuddin, 2021. Konsep Sabar dalam Perspektif Al-Quran. Jurnal Ilmiah Al Mu’ashirah. Jurnal Media KajianAl-Quran dan Al-Hadist MultiPerspektif Vol. 17, No.2 Juli 2020.

Muslich, Masnur. 2016. Pendidikan Karakter; Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara. Bandung.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan: 2017. Renstra Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta.

Nugraheti Sismulyasih Sb. 2019 Peningkatan Keterampilan Menulis Manuskrip Jurnal Ilmiah Menggunakan Strategi Synergetic Teaching Pada Mahasiswa PGSD Unnes

Situmorang. Nila M. Yehonala 2019. Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Question. Journal of Education Action Research Volume 2, Number 2 Tahun 2018

Sobri dan Maman Rukmana, 2021 . Cerita Rakyat sebagai Upaya Pemilihan Bahan Ajar Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Membaca Bahasa dana Sastra,Vol 6. No 1)

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Bazergan, E., Amin, K., & Amin, N. (2022). PELATIHAN MENULIS CERITA RAKYAT BERBAHASA INGGRIS UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 264–271. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i3.121