Senam Sehat dan Edukasi Manfaat Aktivitas Fisik Pada Murid Sekolah Dasar

Authors

  • Asyifa Zahrany Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Andi Sri Ratnawati Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Yuli Fathiyah Haris Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Dewi Apriyanti Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Nanang Kurniawan Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Dian Ardyanti Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Syamsuar Manyullei Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Rachmat Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1190

Keywords:

Bugar, Kesehatan fisik, Kualitas hidup, Olahraga, Leaflet

Abstract

Aktivitas fisik yang dilakukan secara benar dan teratur sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar. Kebiasaan rajin berolahraga dan aktivitas fisik harus dibangun sejak dini. Usia anak sekolah merupakan usia yang baik untuk membangun kebiasaan tersebut. Jika anak terbiasa melakukan pola hidup sehat sejak dini, maka akan berlanjut hingga usia dewasa. Survei dan observasi yang dilakukan di Kelurahan Bonto Matene, Kecamatan Segeri, Kabupaten Pangkep didapatkan hasil sebagian besar masyarakat Bonto Matene kurang dalam hal olahraga dan melakukan aktivitas fisik, hanya 2% masyarakat yang rajin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk meningkatkan serta mempertahankan kebiasaan aktivitas fisik dan berolahraga secara teratur dan benar. Edukasi dalam bentuk ceramah menggunakan media leaflet dilakukan pada hari senam sehat sekolah. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test diketahui adanya peningkatan pengetahuan dari kategori kurang ke kategori cukup pada semua sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan edukasi menggunakan media leaflet meningkatkan pengetahuan murid sekolah dasar mengenai aktivitas fisik dan olahraga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, R., Feisha, A. L., Muflihah, T., Muthmainnah, F., Syaifuddin, M. A. R., Aulyah, W. S. N., Pratiwi, I. R., Sultan, S. H., Wahyu, A., & Rachmat, M. (2022). Penguatan Imunisasi Dasar Lengkap Mmelalui Edukasi pada Ibu Bayi dan Balita di Desa Mappakalompo, Sulawesi Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1215–1222.

Anggraini, S. D., Izhar, M. D., & Noerjoedianto, D. (2018). Hubungan Antara Obesitas dan Aktivitas Fisik dengan Kejadian Hipertensi di Puskesmas Rawasari Kota Jambi Tahun 2018. Jurnal kesmas jambi, 2(2), 45–55.

Candra, O., & Prasetyo, T. (2023). Pembentukan Karakter Melalui Olahraga (Ed. I). Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Fitriani, A., Setyowati, Y. D., & Arumsari, I. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku Aktifitas Fisik Siswa Sekolah Dasar Melalui Edukasi Berbasis Praktik. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(4), 560–569.

Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2022). Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini dengan Masalah Obesitas. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2844–2851.

Hasan, W., Aulia, F., Fuad, M., Siampa, I. T. A., Rustam, S. N., Saputri, E. E., ... & Rachmat, M. (2022). Education About the Importance of Infant’s Basic Immunizations for Pregnant and Lactating Mothers. Community Empowerment, 7(7), 1209–1215.

Jatmika, S. E. D., Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Pengembangan Media Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit K-Media

Krismawati, L. D. E., Andayani, N. L. N., & Wahyuni, N. (2019). Hubungan Antara Aktivitas Fisik dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) pada Remaja Usia 16-18 Tahun di SMA Negeri 2 Denpasar. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 7(1), 29–32.

Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. Bandung: CV Salam Insan Mulia.

Lontoh, S. O., Kumala, M., & Novendy, N. (2020). Gambaran Tingkat Aktifitas Fisik pada Masyarakat Kelurahan Tomang Jakarta Barat. Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, 4(2), 453–462.

Lontoh, S. O., & Graciela, Y. (2021). Penerapan Hidup Sehat Melalui Penyuluhan Olahraga dalam Kehidupan Sehari Hari. Prosiding SENAPENMAS, 465-470.

Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2021). Kesehatan Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV Salam Insan Mulia.

Mustarsida, U., Maarif, M. A., & Rusydi, I. (2023). Manajemen Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Parenting. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 855–866.

Mutohir, T. C., Maksum, A., Kristiyanto, A., & Akbar, R. (2022). Laporan Nasional Sport Development Index Tahun 2021: Olahraga Untuk Investasi Pembangunan Manusia Mental.

Nobles, J., Thomas, C., Banks Gross, Z., Hamilton, M., Trinder-Widdess, Z., Speed, C., Gibson, A., Davies, R., Farr, M., Jago, R., Foster, C., & Redwood, S. (2020). “Let’s Talk About Physical Activity”: Understanding the Preferences of Under-Served Communities When Messaging Physical Activity Guidelines to the Public. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(8), 2782.

Nubatonis, M. O. (2017). Promosi Kesehatan Gigi Dengan Menggunakan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Status Kebersihan Gigi Dan Mulut Siswa Sekolah Dasar Kota Kupang. Jurnal Info Kesehatan, 15(2), 451–468.

Sajawandi, L. (2015). Pengaruh Obesitas pada Perkembangan Siswa Sekolah Dasar dan Penanganannya Dari Pihak Sekolah dan Keluarga. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 34–46.

Saputra, S. A. (2020). Menjaga Imunitas dan Kesehatan Tubuh Melalui Olahraga yang Efektif. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 33–42).

Sepriadi, S. S. (2023). Model Permainan Bagi Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Depok: PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Siregar, R. A., & Batubara, N. S. (2022). Penyuluhan Tentang Senam Sehat pada Anak di SDN Desa Labuhan Lebo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Tahun 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 4(1), 51–55.

Sholiha, N., Purwaningsih, E., & Hidayati, S. (2021). Pengetahuan Tentang Kebersihan Gigi dan Mulut dengan Penggunaan Media Leaflet pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 2(3), 593–602.

Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gerak Manusia. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Sulistiono, A. A. (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 223–233.

Susanti, N., Sari, D., Dina, D., Hasibuan, I. L., Melisa, M., & Dharma, R. A. (2023). Analisis Gambaran Faktor Risiko Perilaku Penyakit Tidak Menular pada Remaja. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(4), 4530–4535.

Downloads

Published

2024-02-20

How to Cite

Zahrany, A., Ratnawati, A. S., Haris, Y. F., Apriyanti, D., Kurniawan, N., Ardyanti, D., Manyullei, S., & Rachmat, M. (2024). Senam Sehat dan Edukasi Manfaat Aktivitas Fisik Pada Murid Sekolah Dasar. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 240–247. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1190