Pelatihan Mikrokontroler Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 3 Kota Tegal

Authors

  • Bahrun Niam Program Studi Teknik Elektronika, Politeknik Harapan Bersama
  • Martselani Adias Sabara Program Studi Teknik Elektronika, Politeknik Harapan Bersama
  • Ratri Wikaningtyas Program Studi Teknik Elektronika, Politeknik Harapan Bersama

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1185

Keywords:

Mikrokontroler, Relay, Lampu

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk pelatihan mikrokontroler yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kota Tegal untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa-siswa tentang mikrokontroler. Mikrokontroler yang digunakan adalah ESP32 dan menggunakan Relay untuk menyalakan dan mematikan lampu menggunakan smartphone dan komputer. Tahap pertama dalam pelatihan ini yaitu siswa diberi materi tentang mikrokontroler, relay dan pemrograman. Tahap kedua yaitu siswa merakit hardware, menghubungkan antara mikrokontroler, relay dan lampu. Tahap ketiga yaitu memprogram dan mengupload program ke dalam mikrokontroler. Komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan antara mikrokontroler dan smartphone atau komputer adalah wifi. Tampilan di smartphone atau komputer berupa tombol ON dan OFF. Ketika tombol ON di smartphone di tekan makan lampu akan menyala dan ketika tombol OFF di tekan maka lampu akan mati. Peserta pelatihan merasa senang dan semangat dalam mengikut pelatihan karena bisa memanfaatkan teknologi mikrokontroler untuk kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sumarsono, Dwiatmi Wahyu Saptaningtyas, " Pengembangan Mikrokontroler Sebagai Remote Control Berbasis Android," Jurnal Teknik Informatika, Vol. 11, Pp 67-75, April 2018.

Vitaemagistra Heraldika Historia, Irfan, “Pemanfaatan IoT berbasis Mikrokontroler pada Lampu Dan Kipas”, Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Vol 16, pp 265-174, Desember 2017.

Budijanto Arief, Slamet Winardi, Kunto Eko Susilo. " INTERFACING ESP32" SCOPINDO. 2021. Surabaya.

Saleh Muhamad, Munnik Hariyanti, “ Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Menggunakan Relay”, Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana, Vol. 8 No. 3 September 2017.

Febrianti Fitri, Suryo Adi Wibowo, Nurlaily Vendyansyah. “ Implementasi IoT (Internet Of Things) Monitoring Kualitas Air Dan Sistem Administrasi Pada Pengelola Air Bersih Skala Kecil”. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika). Vol. 5 No. 1, Maret 2021

Downloads

Published

2024-02-09

How to Cite

Niam, B., Sabara, M. A., & Wikaningtyas, R. (2024). Pelatihan Mikrokontroler Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 3 Kota Tegal. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 175–180. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1185