Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Kewirausahaan Berbasis Website

Authors

  • Eko Hariadi Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Amikom Surakarta
  • Afnan Rosyidi Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Amikom Surakarta
  • Mursid Program Studi Informatika, STMIK Amikom Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1184

Keywords:

Pelatihan, Pemanfaatan, Kewirausahaan, Website

Abstract

Pelatihan pemanfaatan pemasaran digital dimaksudkan untuk memberikan informasi penting kepada masyarakat untuk merencanakan pemanfaatan bengkel dengan digitalisasi marketing sangat diperlukan guna mengatasi masalah yang berkembang saat ini. Kemajuan implementasi sistem informasi memberikan kemudahan dalam pengolahan data menjadi informasi yang kredibel, memberikan kebermanfaatan dan transparan. Digital Marketing sangat penting untuk menawarkan jasa atau menjual barang dalam bisnis kewirausahaan untuk meningkatkan penjualan secara signifikan. Selama beberapa dekade terakhir sistem informasi terintegrasi dengan jaringan internet sehingga dapat menjangkau berbagai segmentasi pengguna yang berdampak dalam peningkatan kinerja bisnis dari institusi atau perusahaan. Sejalan dengan lajunya perkembangan teknologi banyak perusahaan-perusahaan dalam industri kecil maupun besar merupakan salah satu dari sekian banyak pelaku dan penunjang kegiatan ekonomi di negeri ini yang dipacu untuk menggunakan teknologi sebagai senjata untuk tetap eksis mempromosikan Jasa Layanan Gurah Mesin Home Service dengan menggunakan website akan lebih banyak menguntungkan, juga mempermudah proses pengembangan dan dapat menghemat biaya dengan menggunakan website. Metode pelatihan dengan memberikan prosedur pelaksanaan mengelola website mulai dari awal sampai akhirnya bisa dilihat di internet dalam waktu sehari selesai. Tahapan kegiatan yaitu survey lapangan, perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, ujicoba, dan pemeliharaan. Harapan dan tujuan pelatihan ini dapat memberikan informasi baik terhadap pelanggan maupun masyarakat umum dalam memperoleh informasi mengenai pelayanan jasa yang ditawarkan demi kemajuan usaha sesuai dengan kondisi sekitarnya. Dengan peralatan Laptop dan layar proyektor serta perangkat lainnya guna mendukung cara mengirim gambar dan video dapat memberikan informasi yang jelas oleh para naras umber kepada peserta pelatihan pemuda dan pemudi secara gratis dapat mengembangkan usaha kewirausahaan mandiri bagi peserta khususnya dan masyarakat di sekitar desa wisata Bugisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

APJII, “Survey Internet APJII,” Survey Internet APJII, 2019. http://www.apjii.or.id

Baskoro, Adi, 2012. Buku pintar membuat toko online. Jakarta: Media ita.

G. Wiro Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

https://id.wikipedia.org/wiki/Pelatihan

https://www.dosenpendidikan.co.id/digital-marketing-adalah/

https://kbbi.web.id/pelatihan

I. P. Wardhani, A. M. Putri, and S. Widayati, “Aplikasi Profil Perusahaan Digital Berbasis Web,” Petir, vol. 12, no. 2, pp. 165–171, 2019, doi: 10.33322/petir.v12i2.482.

Kadir, Abdul. 2009. Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database MySQL.

R. Nursyanti, R. Y. R. Alamsyah, and S. Perdana, “Perancangan Aplikasi Berbasis Web Untuk Membantu Pengujian Kualitas Kain Tekstil Otomotif (Studi Kasus Pada Pt. Ateja Multi Industri),” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 10, no. 2, 2019, doi: 10.36448/jsit.v10i2.1323

Y. Kustiyaningsih, Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySql. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Downloads

Published

2024-02-09

How to Cite

Hariadi, E., Rosyidi, A., & Mursid, M. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Kewirausahaan Berbasis Website. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 171–174. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i2.1184